RPP ke Nu an kelas VII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Madrasah            :    MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran              :    Ke-NU-an
Kelas/Semester             :    VII / Gasal
Tahun Pelajaran            :    2016/2017
Alokasi Waktu              :     6  x 40 menit (6 x pertemuan)


A.    Standar Kompetensi
1.   Mengenal sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan peran pondok pesantren.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.   Memahami Sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan strategi penyebarannya.

C.    Materi Pembelajaran
Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia dan Cara Penyebarannya

D.    Indikator
1.      Mendiskripsikan sejarah masuknya islam di Indonesia
2.      Menunjukan beberapa tempat persinggahan para mubaligh islam sebelum masuk Indonesia
3.      Menyebutkan nama kerajaan Islam nusantara
4.      Menyebutkan faktor-faktor pendukung berkembangnya Islam di Indonesia
5.      Menjelaskan strategi para mubaligh islam dalam mendakwahkan Islam di Indonesia
6.      Menyebutkan strategi dakwah para mubaligh islam
7.      Mencontohkan pendekatan yang di pakai para mubaligh Islam dalam bidang pendidikan, seni dan budaya

Ü  Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
          
Ü  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :    
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

E.     Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x pertemuan)

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.        Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.        Kegiatan inti
a.     Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
b.    Siswa mendiskripsikan sejarah masuknya islam di Indonesia;
c.     Siswa meresume materi pelajaran;
d.    Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.     Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.     Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.        Kegiatan penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kedua
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan inti
a.     Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
b.    Siswa menunjukan beberapa tempat persinggahan para mubaligh islam sebelum masuk Indonesia;
c.     Siswa meresume materi pelajaran;
d.    Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.     Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.     Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Ketiga
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan inti
a.     Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
b.    Siswa menyebutkan nama kerajaan Islam nusantara
c.     Siswa meresume materi pelajaran;
d.    Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.     Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.     Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.        Kegiatan inti
a.     Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
b.    Siswa menyebutkan faktor-faktor pendukung berkembangnya Islam di Indonesia;
c.     Siswa menjelaskan strategi para mubaligh islam dalam mendakwahkan Islam di Indonesia;
d.    Siswa meresume materi pelajaran;
e.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
f.     Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
g.    Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.        Kegiatan penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kelima
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.        Kegiatan inti
a.     Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
b.    Siswa menyebutkan strategi dakwah para mubaligh islam;
c.     Siswa mencontohkan pendekatan yang di pakai para mubaligh islam dalam bidang pendidikan, seni dan budaya
d.    Siswa meresume materi pelajaran;
e.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
f.     Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
g.    Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.        Kegiatan penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.


H.    Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.

I.       Penilaian
1.      Jenis                  :    tes
2.      Bentuk              :    Tes tertulis             :    soal jaksing dan soal uraian
3.      Instrumen soal
a.      Soal jaksing
1.         Islam masuk ke indonesia pada abad ke.......
2.         Islam masuk ke indonesia di bawa oleh para.......
3.         Islam masuk ke indonesia pertama kali di daerah.....
4.         Islam masuk ke irian barat pada abad.....
5.         Wali songo yang berdakwah menggunakan wayang kulit adalah...
6.         Menurut pendapat Alwi sihab islam masuk ke indonesia di bawa oleh....
7.         Selama 350 tahun belanda menjajah bangsa Indonesia dengan cara.....
8.         Diantara peran umat islam pada masa pasca kemerdekaan adalah...
9.         Penyebaran islam yang di lakukan hamzah fansuri adalah dengan cara...
10.     Diantara strategi yang di lakukan oleh para mubaligh islam adalah menggunakan jalur...
b.      Soal uraian
1.         Bagaimana proses masuknya Islam di Indonesia?
2.         Mengapa awal masuk Islam ke Indonesia di awal dari sumatera?
3.         Sebutkan 9 wali songo yang menyebarkan islam di tanah jawa !
4.         Sebutkan tokoh-tokoh pahlawan Islam yang berjuang melawan penjajah dan sekaligus sebagai ulama!
5.         Jelaskan peran umat Islam pada masa Pasca kemerdekaan?
Jawaban !!
a.       Soal jaksing
1.                                                                  Pada abad ke VII
2.                                                                  Oleh para pedagang Muslim
3.                                                                  Sumatra
4.                                                                  Abad ke 17 M
5.                                                                  Sunan Kali jaga dan sunan Bonang
6.                                                                  Pedagang sufi muslim Arab
7.                                                                  Memecah belah antar suku
8.                                                                  Menolak dan menghalau PKI
9.                                                                  Jalur Agama
10.                                                              Jalur kesaenian dan Budaya
b.      Soal uraian
1.         Para ahli sejarah menyimpulkan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke VII yang di bawa oleh para pedagang muslim.
2.         Karena pada saat itu daerah Sumatra merupakan tempat perdagangan Internasional.
3.         Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus , Sunan Muria, Sunan Giri, Sunan kali Jaga, sunan Gunung Jati.
4.         Imam Bonjol, pangeran Di penogoro, Cut Nyak Dien, pangeran Hasanudin.
5.          Diantara peran uamat islam pada masa pasca kemerdekaan adalah menolak dan menghalau ajaran PKI

4.      Instrumen Penilaian

NO
NAMA SISWA
Kelas
SKOR
Rata-Rata
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1






2






3






4






5






6






7







Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang  1 = sangat kurang)



Mengetahui,                                                        Karangasem, ............................... 2016
Kepala Madrasah                                                Guru Mapel Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                 M. JAZRI, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Madrasah            :    MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran              :    Ke-NU-an
Kelas/Semester             :    VII / Gasal
Tahun Pelajaran            :    2016/2017
Alokasi Waktu               :  5 x 40 menit (5 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
1.   Mengenal sejarah Islam di Indonesia dan peran pondok pesantren

B.     Kompetensi Dasar          
1.2. Memahami perkembangan pondok pesantren dan peranannya dalam proses berdirinya NU.

C.    Materi Pembelajaran
Pengertian Pondok Pesantren

D.    Indikator
1.      Menjelaskan peran pondok pesantren
2.      Menggambarkan awal mula berdirinya pesantren
3.      Menunjukan pengaruh pondok pesantren pada awal perkembanganya
4.      Menjelaskan proses berdirinya jamiyah NU
5.      Mengidentifikasi latar belakang tebentuknya komiite hijaz pada tahun 1926
6.      Menyebutkan tujuan para ulama mendirikan jamiyah NU
7.      Menunjukan tokoh-tokoh pendiri NU

E.     Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x pertemuan)

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1)      Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang   pembelajaran sebelumnya;
2)      Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa membaca materi tentang pondok pesantren;
b.      Siswa menjelaskan peran pondok pesantren;
c.       Siswa meresume materi pelajaran;
d.      Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.       Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan;
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1)      Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang   pembelajaran sebelumnya;
2)      Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pondok pesantren;
b.      Siswa menggambarkan awal mula berdirinya pesantren;
c.      Siswa menunjukan pengaruh pondok pesantren pada awal perkembanganya;
d.     Siswa meresume materi pelajaran;
e.      Siswa mendengarkan penjelasan guru;
f.       Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
g.      Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan;
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1)      Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang   pembelajaran sebelumnya;
2)      Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pondok pesantren;
b.      Siswa menjelaskan proses berdirinya jamiyah NU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan;
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1)      Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang   pembelajaran sebelumnya;
2)      Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pondok pesantren;
b.      Siswa mengidentifikasi latar belakang tebentuknya komiite hijaz pada tahun 1926;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan;
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.      Motivasi
1)      Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang   pembelajaran sebelumnya;
2)      Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan inti
a.      Siswa membaca materi tentang pondok pesantren;
b.      Siswa menyebutkan tujuan para ulama mendirikan jamiyah NU;
c.      Siswa menunjukan tokoh-tokoh pendiri NU;
d.     Siswa meresume materi pelajaran;
e.      Siswa mendengarkan penjelasan guru;
f.       Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
g.      Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan penutup
a.      Guru memberikan kesimpulan;
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa.

H.    Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I.       Penilaian
1.      Jenis                :    tes
2.      Bentuk            :    a. Tes tertulis         :    Soal Jaksing dan Soal Uraian         
3.      Instrumen Soal
a.      Soal Jaksing
1.   Ulama yang menjadi sentral pengajaran adalah...
2.   Pelajar yang belajar di pesantren di sebut...
3.   Tempat untuk belajar para santri di sebut....
4.   Ponpes singkatan dari...
5.   Yang di maksud Akhlakul Karimah adalah
6.   Siapa pengasuh pondok pesantren Asy- Syafi’iyah....
7.   Alasan NU di dirikan adalah...
8.   Sebelum bernama NU tahun 1914 bernama....
9.   NU di dirikan pada tanggal.....
10.  Pendiri NU adalah....
b.      Soal uraian
1.      Jelaskan pengertian pondok pesantren!
2.      Sebutkan elemen pondok pesantren!
3.      Jelaskan later belakang berdirinya pondok pesantren!
4.      Jelaskan mengapa pondok pesantren berperan terhadap berdirinya NU!
5.      Sebutkan pondok pesantren yang kamu ketahui minimal 5 pondok Pesantren!
Jawaban !!
a.       Soal Jaksing
1.      Kyai
2.      Santri
3.      Pondok
4.      Pondok pesantren
5.      Akhlak yang mulia
6.       Ustad Ibnu Amrin
7.      Untuk membentengi ajaran Aswaja
8.      Tasfirul afkar
9.      31 januari 1926
10.  KH. Hasym Asy-ary dan KH Wahab Hasbulloh
b.      Soal Uraian
1.      Tempat Proses pembelajaran Agama Islam yang menyediakan Asrama bagi para peserta didiknya dalam jangka waktu yang tidak di tentukan.
2.      Kyai, santri, pondok dan Ajaran Agama
3.      Latara belakang didirikanya pesantren adalah untuk tempat belajar ilmu agama
4.      Berawal dari keprihatinan para ulama terhadap pemerintahan Arab Saudi yang akan memberanmgus kebebasan bermadhab.
5.      Pondol pesantren Lirboyo, pondok pesantren Tebu Ireng, pondok pesantren al hikmah, pondok pesantren al falah, dan pondok pesantren krapyak.

4.      Instrumen Penilaian

NO
NAMA SISWA
Kelas
SKOR
Rata-Rata
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1






2






3






4






5






6






7







Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang  1 = sangat kurang)



Mengetahui,                                                        Karangasem, ............................... 2016
Kepala Madrasah                                                Guru Mapel Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                 M. JAZRI, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Madrasah            :    MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran              :    Ke-NU-an
Kelas/Semester             :    VII / Gasal
Tahun Pelajaran            :    2016/ 2017
Alokasi Waktu              :  5  x 40 menit (4x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
2.   Memahami amaliah Warga NU dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar          
2.1   Meningkatkan peranan amaliah rutin warga NU pada peringatan maulid nabi Muhammad SAW.

C.    Materi Pembelajaran
Amaliah Warga NU

D.    Indikator
1.      Menjelaskan amalan maulid nabi
2.      Menunjukan dasar dasar dalil atau qoul ulama.
3.      Mengidentifikasi isi dari maulid Nabi
4.      Mengambil hikmah maulid Nabi
5.      Menjelaskan tata cara menbaca Al barzanji
6.      Mempraktekan baca Al barzanji di Madrasah

E.     Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x Pertemuan)

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
A.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

B.     Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar memperingati maulid nabi;
b.      Siswa menjelaskan amalan maulid nabi;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

C.    Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar memperingati maulid nabi;
b.      Siswa menunjukan dasar-dasar dalil atau qoul ulama;
c.      Siswa mengidentifikasi isi dari maulid nabi;
d.     Siswa meresume materi pelajaran;
e.      Siswa mendengarkan penjelasan guru;
f.       Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
g.      Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar memperingati maulid nabi;
b.      Siswa mengambil hikmah maulid nabi;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar memperingati maulid nabi;
b.      Siswa menjelaskan tata cara menbaca Al barzanji;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar memperingati maulid nabi;
b.      Siswa mempraktekan baca Al barzanji di Madrasah;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.


H.    Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.

I.       Penilaian
1.      Jenis                  :    tes
2.      Bentuk              :    Tes tertulis           :    Soal Jaksing dan Soal Uraian
3.      Instrumen soal
a.                                                                                           Soal  Jaksing
a.       Maulid berasal dari kata....
b.      Maulid secara bahasa artinya...
c.       Peringatan maulid nabi pertama kali di laksanakan oleh...
d.      Bisanya puncak acara peringatan maulid nabi di laksanakan pada tanggal...
e.       Rosululloh di lahirkan pada hari dan tanggal......
f.       Siapa ayah dan ibu rosululloh....
g.      Rebana berasal dari kata.....
h.      Srakalan berasal dari kata.....
i.        Contoh kita yang membahasa sejarah rosullloh adalah kitab.....
j.        Dasar peringatann maulid nabi adalah.....

b.   Soal uraian
1.   Jelaskan pengertian Maulid Nabi!
2.   Jelaskan Dasar-Dasar yang menjelaskan maulid Nabi!
3.   Sebutkan isi dari maulid Nabi!
4.   Sebutkan hikmah maulid Nabi!
5.   Jelaskan tatacara membaca barzanji!

Jawaban !!
a.       Soal jaksing
1. Walada- yuladu
2.Waktu/ tempat lahir
3.Dinasti Fatimiyah
4.12 Robiul awwal
5. Hari senin tgl, 12 Robiul Awwal
6.Siti Aminah dan Sayyid Abdulloh
7.Robbana
8.Asroqol
9.Albarzanji
10.     QS Al A’rof : 157
b.                                                                                          Soal Uraian
1..Memperingati hari saat nabi Muhammmad SAW di lahirkan
2.QS AL A’rof : 157
   Kitab Tarikh Ibnu Asy-Syakir
   Kitab madarij al Shu’ud
3.Pembacaan sholawat Nabi
   Pembacaan biografi nabi
   Mengenang jasa-jasa Nabi
4.Mengenal figur teladan bagi generasi mendatang
5.Dalam pembancaan al barzanji di baca syair-syair berbahsa arab yang di iringi musik Rebana  
D.    Instrumen Penilaian

NO
NAMA SISWA
Kelas
SKOR
Rata-Rata
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1






2






3






4






5






6






7







Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang  1 = sangat kurang)

Mengetahui,                                                        Karangasem, ............................... 2016
Kepala Madrasah                                                Guru Mapel Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                 M. JAZRI, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Madrasah            :    MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran              :    Ke-NU-an
Kelas/Semester             :    VII / Genap
Tahun Pelajaran            :    2016/2017
Alokasi Waktu              :    5 x 40 menit (5 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
3.  Memahami Ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah

B.     Kompetensi Dasar
3.1   Melestarikan Ahlussunnah Waljama’ah

C.    Materi Pembelajaran
Ahlussunnah Waljama’ah

D.    Indikator
1.      Menjelaskan pengertian Ahlussunnah Waljama’ah;
2.      Menunjukan ajaran-ajaran Ahlussunah wal jama’ah;
3.      Menunjukan strategi pengamalan ajaran Ahlussunah wal jama’ah;
4.      Menerapkan ajaran ahlussunah wal jama’ah dalam kehidupan sehari –hari

E.     Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x Pertemuan)

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b.      Siswa menjelaskan pengertian Ahlussunnah Waljama’ah;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b.      Siswa menunjukan ajaran-ajaran Ahlussunah Wal jama’ah;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Ketiga
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b.      Siswa menunjukan strategi pengamalan ajaran Ahlussunah Waljama’ah;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b.      Siswa menerapkan ajaran Ahlussunah Waljama’ah dalam kehidupan sehari-hari;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1).   Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b.      Siswa menerapkan ajaran Ahlussunah Waljama’ah dalam kehidupan sehari-hari;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

H.    Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.

I.       Penilaian
1.      Jenis                  :    tes
2.      Bentuk              :    a.  Tes tertulis    :    soal jaksing dan soal uraian
3.      Instrumen soal
a.       Soal Jaksing
1.      Yang di maksud kata ahlun adalah...
2.      Yang di makssud kata sunnah adalah...
3.      Yang di maksud kata wal jama’ah adalah...
4.      Menurut Rosulullloh SAW islam akan pecah menjadi ......
5.      Golongan apa yang akan selamat dari neraka.....
6.      Syari’ah menurut bahasa adalah....
7.      Tasawuf berasal dari kata shofa yang artinya...
8.      Shaff aratinya.....
9.      Akhlak secara bahasa artinya....
10.  Nabi Muhammad Menjadi suri tauladan yang baik terdapat dalam surat.....

b.      Soal uraian
1.      Jelaskan Pengertian Ahlussunah Wal Jama’ah !
2.      Sebutkan ajaran pokok paham ahlussunah wal jama’ah !
3.      Sebutkan tokoh paham aswaja dalam bidang Aqidah !
4.      Jelaskan pengertian akhlak menurut iama Ghozali.
5.      Sebuitkan tokoh aswaja dalam bidang Akhlak atau tasawuf !
Jawaban !!
a.       Soal Jaksing
1.      Golongsn atau keluarga
2.      Apa saja yang di sandarkan kepada Rosululloh
3.      Kumpulan atau kelompok
4.      73 golongan
5.      Ahlusunnah Wal jama’ah
6.      Jalan
7.      Bersih atau suci
8.      Barisan dalam sholat
9.      Tabiat, watak
10.  QS Al Ahzab : 21
b.      Soal Uraian
1.      Golongan yang menganut serta mengamalkan ajaran islam murni sesuia yang di ajarakan oleh Rosululloh SAW dan para sahabatnya
2.      Aqidah, Stari’ah dan Akhlak
3.      Syaekh Abu hasan Al- Asy-Ary dan Imam Abu Mansyur Al Maturidi
4.      Ungkapan tentang sikap jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pertimbangan-pertimbangan
5.      Imam Junaidi Al Baghdadi dan Imam Ghozali

Mengetahui,                                                        Karangasem, ............................... 2016
Kepala Madrasah                                                Guru Mapel Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                 M. JAZRI, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Madrasah            :    MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran              :    Ke-NU-an
Kelas/Semester             :    VII / Genap
Tahun Pelajaran            :    2016/2017
Alokasi Waktu              :    5 x 40 menit (5 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
4.  Memahami Sistem organisasi NU

B.     Kompetensi Dasar
4.1   Mendiskripsikan sistem organisasi NU

C.    Materi Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya

D.    Indikator
1.      Menjelaskan pengertian NU;
2.      Menunjukan azas-azas organisasi NU;
3.      Menjelaskan struktur organisasi NU, lembaga, badan otonom, dan lajnah;
4.      Menyusun stuktur kepengurusan NU di tingkat kecamatan

E.     Alokasi Waktu
4 x 40 menit (4 x Pertemuan)

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b.      Siswa menjelaskan pengertian NU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b.      Siswa menunjukan azas-azas organisasi NU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Ketiga
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b.      Siswa menjelaskan struktur organisasi NU, lembaga, badan otonom, dan lajnah;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b.      Siswa menjelaskan struktur organisasi NU, lembaga, badan Otonom, dan lajnah;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya;
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b.      Siswa menyusun stuktur kepengurusan NU di tingkat kecamatan;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

H.    Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.

I.       Penilaian
1.      Jenis                  :    Tes
2.      Bentuk              :    Tes tertulis           :    Soal Jaksing dan Soal Uraian
3.      Instrumen soal
a.      Soal jaksing
1.      NU singkatan dari.....
2.      NU berdiri pada Tanggal.....
3.      Pendiri NU adalah.....
4.      Pelukis lambang NU adalah......
5.      Arti Untaian 99 Tali dalam Lambang NU adalah......
6.      Attawasut artinya....
7.      Al iktidal artinya.......
8.      PBNU singkatan dari.....
9.      MWC NU singktan dari....
10.  LDNU singkatan dari.....
b.      Soal Uraian
1.      Jelaskan Pengertian NU!
2.      Sebutkan Asas-asas Organisasi NU!
3.      Jelaskan apa yang di maksud badan otonom NU!
4.      Sebutkan Banom Yang berada di bawah NU!
5.      Sebutkan Struktur NU dari Pusat samapi ranting

Jawaban !!
a.      Soal jaksing
1.      Nahdlotul Ualam
2.      31 januari 1926
3.      KH Hasym Asy-Ary dan KH wahab Hasbulloh
4.      KH Ridwan Abdullloh
5.      Asmaul Khusna
6.      Sikap tengah-tengah
7.      Sikap tegak lurus
8.      Pengurus besar NU
9.      Majlis wakil cabang NU
10.  Lembaga dakwah NU

b.      Soal Uraian
1.      Organisari yang di dirikan oleh para Ulama untuk menyadarakan umata muslim supaya berpegang tegung pada kaidah-kaidah islam dan kenegaraaan
2.      Asas Umum dan asaz Khusus NU
3.      Perangkat organisasi NU yang berfungsi membantu melaksanakan kebijakan-kebijakan NU khususnya yang berkaitan dengan kelompok tertentu
4.      Muslimat NU, fatayat NU, GP ansor, Ipnu-Ippnu, JQH, Pergunu, ISNU
5.      PBNU, PWNU, PCNU,MWCNU,PRNU

4.      Instrumen Penilaian

NO
NAMA SISWA
Kelas
SKOR
Rata-Rata
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1






2






3






4






5






6






7







Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang  1 = sangat kurang)


Mengetahui,                                                        Karangasem, ............................... 2016
Kepala Madrasah                                                Guru Mapel Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                 M. JAZRI, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Madrasah            :    MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran              :    Ke-NU-an
Kelas/Semester             :    VII / Genap
Tahun Pelajaran            :    2016 / 2017
Alokasi Waktu              :    5  x 40 menit (4x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
5.   Mengenal Organisasi  IPNU-IPPNU

B.     Kompetensi Dasar
5.1   Mendeskripsikan fungsi organisasi.IPNU-IPPNU

C.    Materi Pembelajaran
IPNU-IPPNU

D.    Indikator
1.      Menjelaskan Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU;
2.      Menunjukan fungsi organisasi IPNU-IPPNU;
3.      Menjelaskan struktur organissasi IPNU- IPPNU;
4.      Menerapkan sistem pengkaderan IPNU-IPPNU

E.     Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5 x Pertemuan)

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang IPNU-IPPNU;
b.      Siswa menjelaskan sejarah berdirinya IPNU-IPPNU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang IPNU-IPPNU;
b.      Siswa menunjukan fungsi organisasi IPNU-IPPNU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Ketiga
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang IPNU-IPPNU;
b.      Siswa menjelaskan struktur organissasi IPNU- IPPNU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Keempat
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang IPNU-IPPNU;
b.      Siswa menjelaskan struktur organissasi IPNU- IPPNU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

Pertemuan Kelima
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b.   Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang  pelajaran sebelumnya
2).  Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

2.  Kegiatan Inti
a.      Siswa membaca materi tentang IPNU-IPPNU;
b.      Siswa menerapkan sistem pengkaderan IPNU-IPPNU;
c.      Siswa meresume materi pelajaran;
d.     Siswa mendengarkan penjelasan guru;
e.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.       Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

3.  Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesimpulan
b.  Guru memberikan tugas kepada siswa.

H.    Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.

I.       Penilaian
1.      Jenis                  :    tes
2.      Bentuk              :    a.  Tes tertulis      :    soal Jaksing dan soal Uraian
3.      Instrumen soal
a.      Soal  jaksing
1.   IPNU singkatan dari......
2.   IPPNU singkatan dari....
3.   IPNU di dikikan pada tanggal....
4.   IPPNU didirikan pada tanggal....
5.   Ketua pertama IPNU adalah...
6.   Ketrua Pertama IPPNU adalah....
7.   Makesta singkata dari..
8.   LAKMUD singktan dari...
9.   LAKMAD singkatan dari...
10.  LAKUT singkatan dari.....
b.      Soal uraian
1.      Jelaskan kapan IPNU-IPPNU didirikan!
2.      Jelaskan fungsi organisasi IPNU-IPPNU!
3.      Sebutkan Tokoh yang mempelopori berdirinya IPNU-IPPNU!
4.      Jelaskan  system pengkaderan IPNU-IPPNU di sekolah/Madrasah!
5.      Jelaskan Struktur Organisasi IPNU-IPPNU dari Pusat sampai PK!

Jawaban !!
a.    Soal jaksing.
1.                                                   Ikatan pelajar NU
2.                                                   Ikatan pelajar Putri NU
3.                                                   24 februari 1954
4.                                                   2 maret 1955
5.                                                   Thohah Mansur
6.                                                   Umroh Mahfudhoh
7.                                                   Masa kesetian anggota
8.                                                   Latihan kader muda
9.                                                   Latihan kader madya
10.  Latihan kader utama
b.   Soal uraian
1.   IPNU di dirikan pada tanggal 24 februari 1954/ 20 jumadil akhir 1373
     IPPNU di dirikan pada tanggal 2 Maret 1955 / 8 Rajab 1374.
2.   Sebagai wadah berhimpunya para pelajar NU untukmelanjutkan semanagat NU
3.   Para pelajar dari Jogyakarta, Semarang, dan Surakarta
4.   Makesta, LAKMUD, LAKMAD, LAKUT dan Latihan Pelatih
5.   PP IPNU/IPPNU, PW IPNU/IPPNU, PC IPNU/IPPNU, PAC IPNU/IPPNU, PR IPNU/IPPNU dan PK IPNU/IPPNU

1.      Instrumen Penilaian

NO
NAMA SISWA
Kelas
SKOR
Rata-Rata
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1






2






3






4






5






6






7







Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang  1 = sangat kurang)

Mengetahui,                                                        Karangasem, ............................... 2016
Kepala Madrasah                                                Guru Mapel Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                 M. JAZRI, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Ke Nu an Kelas 8

Prota Ke Nu an