RPP ke Nu an kelas VII
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madrasah : MTs
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VII / Gasal
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Alokasi Waktu : 6 x 40
menit (6 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal
sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan peran pondok pesantren.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Memahami Sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan
strategi penyebarannya.
C. Materi
Pembelajaran
Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia dan Cara
Penyebarannya
D. Indikator
1. Mendiskripsikan
sejarah masuknya islam di Indonesia
2. Menunjukan
beberapa tempat persinggahan para mubaligh islam sebelum masuk Indonesia
3. Menyebutkan
nama kerajaan Islam nusantara
4. Menyebutkan
faktor-faktor pendukung berkembangnya Islam di Indonesia
5. Menjelaskan
strategi para mubaligh islam dalam mendakwahkan Islam di Indonesia
6. Menyebutkan
strategi dakwah para mubaligh islam
7. Mencontohkan
pendekatan yang di pakai para mubaligh Islam dalam bidang pendidikan, seni dan
budaya
Ü Karakter siswa
yang diharapkan :
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Ü
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil.
E. Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x pertemuan)
F. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
2.
Kegiatan inti
a.
Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia;
b.
Siswa mendiskripsikan sejarah
masuknya islam di Indonesia;
c.
Siswa meresume materi pelajaran;
d.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
e.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan penutup
a.
Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Kedua
- Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
2.
Kegiatan inti
a.
Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia;
b.
Siswa menunjukan beberapa tempat
persinggahan para mubaligh islam sebelum masuk Indonesia;
c.
Siswa meresume materi pelajaran;
d.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
e.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan penutup
a.
Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
- Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
2.
Kegiatan inti
a.
Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia;
b.
Siswa menyebutkan nama kerajaan
Islam nusantara
c.
Siswa meresume materi pelajaran;
d.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
e.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan penutup
a.
Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Keempat
- Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
2.
Kegiatan inti
a.
Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia;
b.
Siswa menyebutkan faktor-faktor
pendukung berkembangnya Islam di Indonesia;
c.
Siswa menjelaskan strategi para
mubaligh islam dalam mendakwahkan Islam di Indonesia;
d.
Siswa meresume materi pelajaran;
e.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
f.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
g. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan penutup
a.
Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Kelima
- Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
2.
Kegiatan inti
a.
Siswa membaca materi tentang Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia;
b.
Siswa menyebutkan strategi dakwah
para mubaligh islam;
c. Siswa mencontohkan pendekatan yang di pakai para mubaligh islam
dalam bidang pendidikan,
seni dan budaya
d.
Siswa meresume materi pelajaran;
e.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
f.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
g. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan penutup
a.
Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
H. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I. Penilaian
1.
Jenis :
tes
2. Bentuk : Tes
tertulis : soal jaksing dan soal uraian
3.
Instrumen soal
a. Soal jaksing
1.
Islam masuk ke indonesia pada abad ke.......
2.
Islam masuk ke indonesia di bawa oleh para.......
3.
Islam masuk ke indonesia pertama kali di
daerah.....
4.
Islam masuk ke irian barat pada abad.....
5.
Wali songo yang berdakwah menggunakan wayang kulit
adalah...
6.
Menurut pendapat Alwi sihab islam masuk ke
indonesia di bawa oleh....
7.
Selama 350 tahun belanda menjajah bangsa Indonesia
dengan cara.....
8.
Diantara peran umat islam pada masa pasca
kemerdekaan adalah...
9.
Penyebaran islam yang di lakukan hamzah fansuri
adalah dengan cara...
10. Diantara strategi
yang di lakukan oleh para mubaligh islam adalah menggunakan jalur...
b. Soal uraian
1.
Bagaimana proses masuknya Islam di Indonesia?
2.
Mengapa awal masuk Islam ke Indonesia di awal dari
sumatera?
3.
Sebutkan 9 wali songo yang menyebarkan islam di
tanah jawa !
4.
Sebutkan tokoh-tokoh pahlawan Islam yang berjuang
melawan penjajah dan sekaligus sebagai ulama!
5.
Jelaskan peran umat Islam pada masa Pasca
kemerdekaan?
Jawaban !!
a. Soal jaksing
1.
Pada abad ke VII
2.
Oleh para pedagang Muslim
3.
Sumatra
4.
Abad ke 17 M
5.
Sunan Kali jaga dan sunan Bonang
6.
Pedagang sufi muslim Arab
7.
Memecah belah antar suku
8.
Menolak dan menghalau PKI
9.
Jalur Agama
10.
Jalur kesaenian dan Budaya
b. Soal uraian
1.
Para ahli sejarah menyimpulkan bahwa islam masuk
ke indonesia pada abad ke VII yang di bawa oleh para pedagang muslim.
2.
Karena pada saat itu daerah Sumatra merupakan
tempat perdagangan Internasional.
3.
Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan
Drajat, Sunan Kudus , Sunan Muria, Sunan Giri, Sunan kali Jaga, sunan Gunung
Jati.
4.
Imam Bonjol, pangeran Di penogoro, Cut Nyak Dien,
pangeran Hasanudin.
5.
Diantara
peran uamat islam pada masa pasca kemerdekaan adalah menolak dan menghalau
ajaran PKI
4. Instrumen
Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelas
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3
= cukup, 2 = kurang 1 = sangat kurang)
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madrasah : MTs
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VII / Gasal
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (5 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal
sejarah Islam di Indonesia dan peran pondok pesantren
B. Kompetensi Dasar
1.2. Memahami perkembangan pondok pesantren dan peranannya dalam
proses berdirinya NU.
C. Materi
Pembelajaran
Pengertian Pondok
Pesantren
D. Indikator
1. Menjelaskan peran pondok pesantren
2. Menggambarkan awal
mula berdirinya pesantren
3. Menunjukan pengaruh
pondok pesantren pada awal perkembanganya
4. Menjelaskan proses
berdirinya jamiyah NU
5. Mengidentifikasi
latar belakang tebentuknya komiite hijaz pada tahun 1926
6. Menyebutkan tujuan
para ulama mendirikan jamiyah NU
7. Menunjukan
tokoh-tokoh pendiri NU
E. Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x pertemuan)
F. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1)
Penjajagan kesiapan belajar siswa
dengan memberikan pertanyaan tentang pembelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa membaca materi tentang pondok
pesantren;
b.
Siswa menjelaskan peran pondok
pesantren;
c.
Siswa meresume materi pelajaran;
d.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
e.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
f.
Siswa mencatat hal-hal penting
dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan;
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1)
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang pembelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa membaca materi tentang pondok
pesantren;
b.
Siswa menggambarkan awal mula
berdirinya pesantren;
c.
Siswa menunjukan pengaruh pondok
pesantren pada awal perkembanganya;
d.
Siswa meresume materi pelajaran;
e.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
f.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
g.
Siswa mencatat hal-hal penting
dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan;
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1)
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang pembelajaran sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi
tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa membaca materi tentang pondok
pesantren;
b.
Siswa menjelaskan proses
berdirinya jamiyah NU;
c.
Siswa meresume materi pelajaran;
d.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
e.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
f.
Siswa mencatat hal-hal penting
dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan;
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1)
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang pembelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa membaca materi tentang pondok
pesantren;
b.
Siswa mengidentifikasi latar
belakang tebentuknya komiite hijaz pada tahun 1926;
c.
Siswa meresume materi pelajaran;
d.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
e.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
f.
Siswa mencatat hal-hal penting
dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan;
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Kelima
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1)
Penjajagan kesiapan belajar siswa
dengan memberikan pertanyaan tentang pembelajaran sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan inti
a.
Siswa membaca materi tentang pondok
pesantren;
b.
Siswa menyebutkan tujuan para
ulama mendirikan jamiyah NU;
c.
Siswa menunjukan tokoh-tokoh
pendiri NU;
d.
Siswa meresume materi pelajaran;
e.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru;
f.
Siswa menanyakan hal-hal yang
belum jelas;
g.
Siswa mencatat hal-hal penting
dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan;
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
H. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I. Penilaian
1.
Jenis :
tes
2. Bentuk : a.
Tes tertulis : Soal Jaksing dan
Soal Uraian
3.
Instrumen Soal
a. Soal Jaksing
1.
Ulama yang menjadi sentral pengajaran adalah...
2.
Pelajar yang belajar di pesantren di sebut...
3.
Tempat untuk belajar para santri di sebut....
4.
Ponpes singkatan dari...
5.
Yang di maksud Akhlakul Karimah adalah
6.
Siapa pengasuh pondok pesantren Asy-
Syafi’iyah....
7.
Alasan NU di dirikan adalah...
8.
Sebelum bernama NU tahun 1914 bernama....
9.
NU di dirikan pada tanggal.....
10. Pendiri NU adalah....
b. Soal uraian
1. Jelaskan pengertian
pondok pesantren!
2. Sebutkan elemen
pondok pesantren!
3. Jelaskan later
belakang berdirinya pondok pesantren!
4. Jelaskan mengapa
pondok pesantren berperan terhadap berdirinya NU!
5. Sebutkan pondok
pesantren yang kamu ketahui minimal 5 pondok Pesantren!
Jawaban !!
a.
Soal Jaksing
1.
Kyai
2.
Santri
3.
Pondok
4.
Pondok pesantren
5.
Akhlak yang mulia
6.
Ustad Ibnu
Amrin
7.
Untuk membentengi ajaran Aswaja
8.
Tasfirul afkar
9.
31 januari 1926
10. KH. Hasym Asy-ary dan
KH Wahab Hasbulloh
b.
Soal Uraian
1. Tempat Proses
pembelajaran Agama Islam yang menyediakan Asrama bagi para peserta didiknya
dalam jangka waktu yang tidak di tentukan.
2. Kyai, santri, pondok
dan Ajaran Agama
3. Latara belakang
didirikanya pesantren adalah untuk tempat belajar ilmu agama
4. Berawal dari
keprihatinan para ulama terhadap pemerintahan Arab Saudi yang akan memberanmgus
kebebasan bermadhab.
5. Pondol pesantren
Lirboyo, pondok pesantren Tebu Ireng, pondok pesantren al hikmah, pondok
pesantren al falah, dan pondok pesantren krapyak.
4. Instrumen
Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelas
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3
= cukup, 2 = kurang 1 = sangat kurang)
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madrasah : MTs
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VII / Gasal
Tahun Pelajaran : 2016/ 2017
Alokasi Waktu
: 5 x 40 menit (4x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
2.
Memahami
amaliah Warga NU dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Meningkatkan peranan amaliah rutin warga NU pada
peringatan maulid nabi Muhammad SAW.
C. Materi
Pembelajaran
Amaliah Warga NU
D. Indikator
1.
Menjelaskan
amalan maulid nabi
2.
Menunjukan
dasar dasar dalil atau qoul ulama.
3.
Mengidentifikasi
isi dari maulid Nabi
4.
Mengambil
hikmah maulid Nabi
5.
Menjelaskan
tata cara menbaca Al barzanji
6.
Mempraktekan
baca Al barzanji di Madrasah
E. Alokasi
Waktu
5 x 40 menit (5x Pertemuan)
F. Metode
Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
A. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2).
Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
B.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar
memperingati maulid nabi;
b. Siswa menjelaskan
amalan maulid nabi;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat hal-hal
penting dari penjelasan guru.
C.
Kegiatan Penutup
a. Guru
memberikan kesimpulan
b. Guru
memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2).
Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar
memperingati maulid nabi;
b. Siswa menunjukan
dasar-dasar dalil atau qoul ulama;
c. Siswa mengidentifikasi
isi dari maulid nabi;
d. Siswa meresume materi
pelajaran;
e. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
f. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
g. Siswa mencatat hal-hal
penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru
memberikan kesimpulan
b. Guru
memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2).
Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar
memperingati maulid nabi;
b. Siswa mengambil
hikmah maulid nabi;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat hal-hal
penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru
memberikan kesimpulan
b. Guru
memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2).
Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar
memperingati maulid nabi;
b. Siswa menjelaskan
tata cara menbaca Al barzanji;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat hal-hal
penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru
memberikan kesimpulan
b. Guru
memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2).
Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang pengertian maulid nabi dan dasar-dasar
memperingati maulid nabi;
b. Siswa mempraktekan
baca Al barzanji di Madrasah;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat hal-hal
penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru
memberikan kesimpulan
b. Guru
memberikan tugas kepada siswa.
H.
Media/Sumber Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII
PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I.
Penilaian
1.
Jenis : tes
2. Bentuk : Tes
tertulis : Soal Jaksing dan Soal Uraian
3. Instrumen soal
a.
Soal
Jaksing
a.
Maulid berasal dari kata....
b.
Maulid secara bahasa artinya...
c.
Peringatan maulid nabi pertama kali di
laksanakan oleh...
d.
Bisanya puncak acara peringatan maulid nabi di
laksanakan pada tanggal...
e.
Rosululloh di lahirkan pada hari dan
tanggal......
f.
Siapa ayah dan ibu rosululloh....
g.
Rebana berasal dari kata.....
h.
Srakalan berasal dari kata.....
i.
Contoh kita yang membahasa sejarah rosullloh
adalah kitab.....
j.
Dasar peringatann maulid nabi adalah.....
b. Soal uraian
1. Jelaskan pengertian
Maulid Nabi!
2. Jelaskan Dasar-Dasar
yang menjelaskan maulid Nabi!
3. Sebutkan isi dari
maulid Nabi!
4. Sebutkan hikmah
maulid Nabi!
5. Jelaskan tatacara
membaca barzanji!
Jawaban !!
a. Soal jaksing
1. Walada- yuladu
2.Waktu/ tempat lahir
3.Dinasti Fatimiyah
4.12 Robiul awwal
5. Hari senin tgl, 12 Robiul Awwal
6.Siti Aminah dan Sayyid Abdulloh
7.Robbana
8.Asroqol
9.Albarzanji
10. QS Al A’rof : 157
b.
Soal Uraian
1..Memperingati hari
saat nabi Muhammmad SAW di lahirkan
2.QS AL A’rof : 157
Kitab
Tarikh Ibnu Asy-Syakir
Kitab
madarij al Shu’ud
3.Pembacaan sholawat
Nabi
Pembacaan
biografi nabi
Mengenang
jasa-jasa Nabi
4.Mengenal figur
teladan bagi generasi mendatang
5.Dalam pembancaan al
barzanji di baca syair-syair berbahsa arab yang di iringi musik Rebana
D. Instrumen
Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelas
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3
= cukup, 2 = kurang 1 = sangat kurang)
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madrasah : MTs
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VII / Genap
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Alokasi Waktu : 5 x 40
menit (5 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Memahami Ajaran Ahlusunnah
Wal Jama’ah
B. Kompetensi Dasar
3.1 Melestarikan Ahlussunnah Waljama’ah
C. Materi
Pembelajaran
Ahlussunnah Waljama’ah
D. Indikator
1. Menjelaskan
pengertian Ahlussunnah Waljama’ah;
2. Menunjukan
ajaran-ajaran Ahlussunah wal jama’ah;
3. Menunjukan
strategi pengamalan ajaran Ahlussunah wal jama’ah;
4. Menerapkan
ajaran ahlussunah wal jama’ah dalam kehidupan sehari –hari
E. Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5x Pertemuan)
F. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya
2). Menyampaikan informasi
tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b. Siswa menjelaskan
pengertian Ahlussunnah Waljama’ah;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya
2). Menyampaikan informasi
tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b. Siswa menunjukan
ajaran-ajaran Ahlussunah Wal jama’ah;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya
2). Menyampaikan informasi
tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b. Siswa menunjukan
strategi pengamalan ajaran Ahlussunah Waljama’ah;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya
2). Menyampaikan informasi
tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b. Siswa menerapkan
ajaran Ahlussunah Waljama’ah dalam kehidupan sehari-hari;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus,
absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya
2). Menyampaikan informasi
tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Ahlussunnah Waljama’ah;
b. Siswa menerapkan
ajaran Ahlussunah Waljama’ah dalam kehidupan sehari-hari;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
H. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I.
Penilaian
1.
Jenis : tes
2. Bentuk : a. Tes tertulis :
soal jaksing dan soal uraian
3. Instrumen soal
a. Soal Jaksing
1.
Yang di maksud kata ahlun adalah...
2.
Yang di makssud kata sunnah adalah...
3.
Yang di maksud kata wal jama’ah adalah...
4.
Menurut Rosulullloh SAW islam akan pecah
menjadi ......
5.
Golongan apa yang akan selamat dari neraka.....
6.
Syari’ah menurut bahasa adalah....
7.
Tasawuf berasal dari kata shofa yang artinya...
8.
Shaff aratinya.....
9.
Akhlak secara bahasa artinya....
10.
Nabi Muhammad Menjadi suri tauladan yang baik
terdapat dalam surat.....
b. Soal uraian
1. Jelaskan Pengertian
Ahlussunah Wal Jama’ah !
2. Sebutkan ajaran pokok
paham ahlussunah wal jama’ah !
3. Sebutkan tokoh paham
aswaja dalam bidang Aqidah !
4. Jelaskan pengertian
akhlak menurut iama Ghozali.
5. Sebuitkan tokoh
aswaja dalam bidang Akhlak atau tasawuf !
Jawaban !!
a. Soal Jaksing
1. Golongsn atau
keluarga
2. Apa saja yang di
sandarkan kepada Rosululloh
3. Kumpulan atau
kelompok
4. 73 golongan
5. Ahlusunnah Wal
jama’ah
6. Jalan
7. Bersih atau suci
8. Barisan dalam sholat
9. Tabiat, watak
10. QS Al Ahzab : 21
b. Soal Uraian
1. Golongan yang
menganut serta mengamalkan ajaran islam murni sesuia yang di ajarakan oleh
Rosululloh SAW dan para sahabatnya
2. Aqidah, Stari’ah dan
Akhlak
3. Syaekh Abu hasan Al-
Asy-Ary dan Imam Abu Mansyur Al Maturidi
4. Ungkapan tentang
sikap jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan
pertimbangan-pertimbangan
5. Imam Junaidi Al
Baghdadi dan Imam Ghozali
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madrasah : MTs
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VII / Genap
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Alokasi Waktu : 5 x 40
menit (5 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Memahami
Sistem organisasi NU
B. Kompetensi Dasar
4.1 Mendiskripsikan
sistem organisasi NU
C. Materi
Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya
D. Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian NU;
2.
Menunjukan azas-azas organisasi NU;
3.
Menjelaskan struktur organisasi NU, lembaga,
badan otonom, dan lajnah;
4.
Menyusun stuktur kepengurusan NU di tingkat
kecamatan
E. Alokasi Waktu
4 x 40 menit (4 x Pertemuan)
F. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b. Siswa menjelaskan
pengertian NU;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b. Siswa menunjukan
azas-azas organisasi NU;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b. Siswa menjelaskan
struktur organisasi NU, lembaga, badan otonom, dan lajnah;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b. Siswa menjelaskan
struktur organisasi NU, lembaga, badan Otonom, dan lajnah;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi
tentang Nahdlatul Ulama dan sistem organisasinya;
b. Siswa menyusun
stuktur kepengurusan NU di tingkat kecamatan;
c. Siswa meresume materi
pelajaran;
d. Siswa mendengarkan
penjelasan guru;
e. Siswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
H. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I.
Penilaian
1. Jenis : Tes
2. Bentuk : Tes
tertulis : Soal Jaksing dan Soal Uraian
3. Instrumen soal
a. Soal jaksing
1. NU singkatan
dari.....
2. NU berdiri pada
Tanggal.....
3. Pendiri NU
adalah.....
4. Pelukis lambang NU
adalah......
5. Arti Untaian 99 Tali
dalam Lambang NU adalah......
6. Attawasut artinya....
7. Al iktidal
artinya.......
8. PBNU singkatan
dari.....
9. MWC NU singktan dari....
10. LDNU singkatan
dari.....
b. Soal Uraian
1. Jelaskan Pengertian
NU!
2. Sebutkan Asas-asas Organisasi
NU!
3. Jelaskan apa yang di
maksud badan otonom NU!
4. Sebutkan Banom Yang
berada di bawah NU!
5. Sebutkan Struktur NU
dari Pusat samapi ranting
Jawaban !!
a. Soal jaksing
1. Nahdlotul Ualam
2. 31 januari 1926
3. KH Hasym Asy-Ary dan
KH wahab Hasbulloh
4. KH Ridwan Abdullloh
5. Asmaul Khusna
6. Sikap tengah-tengah
7. Sikap tegak lurus
8. Pengurus besar NU
9. Majlis wakil cabang
NU
10. Lembaga dakwah NU
b. Soal Uraian
1. Organisari yang di
dirikan oleh para Ulama untuk menyadarakan umata muslim supaya berpegang tegung
pada kaidah-kaidah islam dan kenegaraaan
2. Asas Umum dan asaz
Khusus NU
3. Perangkat organisasi
NU yang berfungsi membantu melaksanakan kebijakan-kebijakan NU khususnya yang
berkaitan dengan kelompok tertentu
4. Muslimat NU, fatayat
NU, GP ansor, Ipnu-Ippnu, JQH, Pergunu, ISNU
5. PBNU, PWNU,
PCNU,MWCNU,PRNU
4. Instrumen
Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelas
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3
= cukup, 2 = kurang 1 = sangat kurang)
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madrasah : MTs
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VII / Genap
Tahun Pelajaran : 2016 / 2017
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (4x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Mengenal
Organisasi IPNU-IPPNU
B. Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan
fungsi organisasi.IPNU-IPPNU
C. Materi
Pembelajaran
IPNU-IPPNU
D. Indikator
1. Menjelaskan Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU;
2. Menunjukan fungsi organisasi IPNU-IPPNU;
3. Menjelaskan struktur organissasi IPNU- IPPNU;
4. Menerapkan sistem pengkaderan IPNU-IPPNU
E. Alokasi Waktu
5 x 40 menit (5 x Pertemuan)
F. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca
materi tentang IPNU-IPPNU;
b. Siswa menjelaskan
sejarah berdirinya IPNU-IPPNU;
c. Siswa meresume
materi pelajaran;
d. Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e. Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca
materi tentang IPNU-IPPNU;
b. Siswa menunjukan
fungsi organisasi IPNU-IPPNU;
c. Siswa meresume
materi pelajaran;
d. Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e. Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca
materi tentang IPNU-IPPNU;
b. Siswa menjelaskan
struktur organissasi IPNU- IPPNU;
c. Siswa meresume
materi pelajaran;
d. Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e. Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca
materi tentang IPNU-IPPNU;
b. Siswa menjelaskan
struktur organissasi IPNU- IPPNU;
c. Siswa meresume
materi pelajaran;
d. Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e. Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi
dan lain-lain)
b.
Motivasi
1). Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca
materi tentang IPNU-IPPNU;
b. Siswa menerapkan
sistem pengkaderan IPNU-IPPNU;
c. Siswa meresume
materi pelajaran;
d. Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e. Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f. Siswa mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan
b. Guru memberikan tugas
kepada siswa.
H. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
I.
Penilaian
1.
Jenis : tes
2.
Bentuk : a. Tes tertulis :
soal Jaksing dan soal Uraian
3. Instrumen soal
a. Soal jaksing
1. IPNU singkatan
dari......
2. IPPNU singkatan
dari....
3. IPNU di dikikan pada
tanggal....
4. IPPNU didirikan pada
tanggal....
5. Ketua pertama IPNU
adalah...
6. Ketrua Pertama IPPNU
adalah....
7. Makesta singkata
dari..
8. LAKMUD singktan
dari...
9. LAKMAD singkatan
dari...
10. LAKUT singkatan
dari.....
b. Soal uraian
1. Jelaskan kapan IPNU-IPPNU didirikan!
2. Jelaskan fungsi
organisasi IPNU-IPPNU!
3. Sebutkan Tokoh yang
mempelopori berdirinya IPNU-IPPNU!
4. Jelaskan system pengkaderan IPNU-IPPNU di
sekolah/Madrasah!
5. Jelaskan Struktur
Organisasi IPNU-IPPNU dari Pusat sampai PK!
Jawaban !!
a.
Soal jaksing.
1.
Ikatan pelajar NU
2.
Ikatan pelajar Putri NU
3.
24 februari 1954
4.
2 maret 1955
5.
Thohah Mansur
6.
Umroh Mahfudhoh
7.
Masa kesetian anggota
8.
Latihan kader muda
9.
Latihan kader madya
10.
Latihan kader utama
b.
Soal uraian
1.
IPNU di dirikan pada tanggal 24 februari 1954/ 20
jumadil akhir 1373
IPPNU di dirikan pada tanggal 2
Maret 1955 / 8 Rajab 1374.
2.
Sebagai wadah berhimpunya para pelajar NU
untukmelanjutkan semanagat NU
3.
Para pelajar dari Jogyakarta, Semarang, dan
Surakarta
4.
Makesta, LAKMUD, LAKMAD, LAKUT dan Latihan Pelatih
5.
PP IPNU/IPPNU, PW IPNU/IPPNU, PC IPNU/IPPNU, PAC
IPNU/IPPNU, PR IPNU/IPPNU dan PK IPNU/IPPNU
1. Instrumen
Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelas
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3
= cukup, 2 = kurang 1 = sangat kurang)
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar