Prota Ke Nu an

PROGRAM TAHUNAN
MTs. ASY-SYAFI’IYAH KARANGASEM MARGASARI TEGAL

Nama Madrasah       :   MTs. Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran        :   Ke-NU-an
Tahun Pelajaran       :   2016/2017
Kelas                     :   VII (Tujuh)

No.
No.
SK/KD
Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar / Indikator
Alokasi Waktu
Keterangan
1
1

1.1


1.2


2

2.1

Mengenal Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan Peran pondok Pesantren
Memahami Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan strategi penyebarannya
Ulangan Harian I
Memahami perkembangan pondok pesantren dan peranannya dalam proses berdirinya NU
Ulangan Harian II
Memahami Amaliyah Warga NU dan Mengaplikasikannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Meningkatkan penerapan amaliyah rutin warga NU pada peringatan maulid nabi Muhammad SAW
Ulangan Harian III



6
1

5
1



5
1
Semester Gasal
Jumlah
19

2
3
3.1

4
4.1

5
5.1
Memahami Ajaran Ahlussunnah Waljamaah
Melestarikan ahlussunnah waljamaah
Ulangan Harian I
Mengenal NU dan Sistem Organisasinya
Mendiskripsikan sistem organisasi NU
Ulangan Harian II
Mengenal Organisasi IPNU-IPPNU
Mendiskripsikan sistem organisasi IPNU-IPPNU
Ulangan Harian III

5
1

5
1

5
1
Semester Genap
Jumlah
18



                      Mengetahui,                                                   Karangasem,  Juli 2016
                   Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel Ke-NU-an,





                     KASORI, S.Ag                                                       M. JAZRI, S.Pd.I

PROGRAM SEMESTER GASAL

Mata Pelajaran  :   Ke-NU-an                         Tahun Pelajaran                         :   2016/2017
Kelas                 :   VII (Tujuh)

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
Mengenal Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan Peran pondok Pesantren
1.1. Memahami Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan strategi penyebarannya
6
Libur Kenaikan Kelas 2015/2016
Libur Kenaikan Kelas 2015/2016
1
1
1
1
1
1



Ulangan tengah Semester  Gasal TP. 2016/2017










Ulangan Semester Gasal TP. 2016/2017
Remidi dan Pengolahan Raport
Libur semester gasal TP. 2016/2017
Libur semester gasal TP. 2016/2017
Ulangan Harian I
1






1












1.2. Memahami perkembangan pondok pesantren dan peranannya dalam proses berdirinya NU
5







1
1
1
1
1







Ulangan Harian II
1












1






2
Memahami Amaliyah Warga NU dan Mengaplikasikannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
2.1   Meningkatkan penerapan amaliyah rutin warga NU pada peringatan maulid nabi Muhammad SAW
5













1
1
1
1
1

Ulangan Harian III
1


















`
Jumlah
19
-
-
1
1
1
1
1
1
1
1
1
-
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
-
-
-
-
































                                                                                                                           Karangasem,  Juli 2016
Mengetahui                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah,                                                                                                                           Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                                                                                           M. JAZRI, S.Pd.I

PROGRAM SEMESTER GENAP

Mata Pelajaran  :   Ke-NU-an                         Tahun Pelajaran                         :   2016/2017
Kelas                 :   VII (Tujuh)

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
2
3
4
5
3
Memahami Ajaran Ahlussunnah Waljamaah
3.1  Melestarikan ahlussunnah waljamaah
5
1
1
1
1
1




UTS Genap



UM
UAMBN


UN Utama




Ulangan semester Genap TP. 2016/2017
Remidi dan pengolahan Raport
Libur Semester Genap TP. 2016  / 2017
Libur Semester Genap TP. 2016  / 2017
Ulangan Harian I
1





1












4
Mengenal NU dan Sistem Organisasinya
4.1  Mendiskripsikan sistem organisasi NU
5






1
1
1
1
1







Ulangan Harian II
1











1






5
Mengenal Organisasi IPNU-IPPNU
5.1  Mendiskripsikan sistem organisasi IPNU-IPPNU
5












1
1
1
1
1

Ulangan Harian III
1

















1
Jumlah
18
1
1
1
1
1
1
1
1
1
-
1
1
1
1
-
1
1
-
1
1
1
1
-
-
-
-


                                                                                                                           Karangasem,  Juli 2016
Mengetahui                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah,                                                                                                                           Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                                                                                           M. JAZRI, S.Pd.I

S I L A B U S

Madrasah                        :     MTs. Asy-syafi’iyah                                            Kelas/Semester                                            :     VII / Gasal
Mata Pelajaran             :     Ke-NU-an                                            Tahun Pelajaran                                            :     2016/2017

Standar Kompetensi  :     1.   Memahami sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan peran pondok pesantren
No.
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.
1.1.      Menjelaskan Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan strategi penyebarannya
o  Religius
o  Cermat
Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan cara penyebaranya
o  Siswa membaca materi tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia
o  Siswa mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Indonesia
o  Siswa meresume materi pelajaran;
o  Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o  Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o  Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
o  mendiskripsikan sejarah masuknya Islam di Indonesia
o  menunjukan beberapa tempat persinggahan para mubaligh islam sebelum masuk Indonesia
o  menyebutkan nama kerajaan islam di nusantara
o  Menyebutkan factor-faktor pendukung berkembangnya islam di Indonesia
o  Menjelaskan strategi para mubaligh dalam mendakwahkan Islam di Indonesia
o  Menyebutkan Strategi dakwah para mubaligh islam
o  Mencontoh pendekatan yang di pakai para mubaligh islam dalam bidang perekonomian, seni, budaya dan politik

Tes Tertulis
Uraian
o  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Indonesia!
o  Sebutkan tempat-tempat persinggahan para mubaligh Islam sebelum masuk ke Indonesia!
o  Sebutkan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia!
o  Sebutkan faktor-faktor pendukung berkembangnya Islam di Indonesia!
6 x 40
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.




Ulangan Harian I




1 x  40

2.
1.2   Memahami  Perkembangan Pondok pesantren dan peranannya dalam proses berdirinya NU
o  Religius
o  Cermat
Pengertian Pondok Pesantren.
o  Siswa membaca materi tentang Pengertian Pondok Pesantren
o  Siswa mengidentifikasi Pengertian Pondok Pesantren;
o  Siswa meresume materi pelajaran;
o  Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o  Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o  Siswa mencatat hal-hal yang penting.

o  Menjelaskan peran pondok pessantren Pesantren;
o  Menggambarkan awal mula berdirinya pesantren
o  Menunjukan pengaruh pondok pesantren pada awal perkembanganya
o  Menjelaskan proses berdirinya jamiyah NU
o  Mengidentifikasi latar belakang tebentuknya komiite hijaz pada tahun 1926
o  Menyebutkan tujuan para ulama mendirikan jamiyah NU
o  Menunjukan tokoh-tokoh NU
Tes Tertulis
Uraian
o  Jelaskan peran pondok pesantren!
o  Jelaskan pengaruh pondok pesantren di Indonesia!
o  Jelaskan proses berdirinya jamiyah NU!
5 x 40
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.




Ulangan Harian II




1 x 40


Standar Kompetensi  :     2.   Memahami amaliah Rutin Warga NU dan mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari hari
No.
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.
2.1.      Meningkatkan penerapan amaliyah rutin warga NU pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
o  Religius
o  Cermat
Amaliyah Warga NU
o  Siswa membaca materi tentang Pengertian Maulid Nabi;
o  Siswa mengidentifikasi tentang Pengertian Maulid Nabi
o  Siswa meresume materi pelajaran;
o  Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o  Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o  Siswa mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
o  Menjelaskan almalan maulid nabi
o  Menunjukan dasar dasar dalil atau qoul ulama.
o  Mengidentifikasi isi dari maulid Nabi
o  Mengambil hikmah maulid Nabi
o  Menjelaskan tata cara menbaca Al barzanji
o  Mempraktekan baca Al barzanji di Madrasah

Tes Tertulis
Uraian
o  Sebutkan dasar-dasar dalil atau qoul ulama tentang amaliyah warga NU!
5 x 40
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.




Ulangan Harian III




1 x 40


                                                                                                                                                                                                             Karangasem,  Juli 2016
Mengetahui                                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                             Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                                                                                                                                                                             M. JAZRI, S.Pd.I



S I L A B U S

Madrasah                        :     MTs. Asy-syafi’iyah                                            Kelas/Semester                                            :     VII / Genap
Mata Pelajaran             :     Ke-NU-an                                            Tahun Pelajaran                                            :     2015/2016

Standar Kompetensi  :     3. Memahami Ajaran Ahlu Sunnah Wal Jama’ah
No.
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.
3.1      Melestarikan Ahlussunnah Waljama’ah
o  Religius
o  Cermat
Ahlussunnah Waljama’ah
o  Siswa membaca materi tentang Pengertian ahlussunnah Waljama’ah;
o  Siswa mengidentifikasi Pengertian ahlussunnah Waljama’ah
o  Siswa meresume materi pelajaran;
o  Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o  Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o  Siswa mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
o  Menjelaskan Pengertian ahlussunnah Waljama’ah;
o  Menunjukan ajaran –ajaran Ahlussunah wal jama’ah
o  Menunjukan strategi pengamalan ajaran Ahlussunah wal jama’ah
o  Menerapkan ajaran ahlussunah wal jama’ah dalam kehidupan sehari -hari
Tes tertulis
Uraian
o  Jelaskan pengertian Ahlussunnah Waljamaah!
o  Sebutkan ajaran-ajaran Ahlussunnah Wal jamaah!
5 x 40
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.




Ulangan Harian I




1 x 40


Standar Kompetensi  :     4. Memahami Sistem organisasi NU
No.
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.
4.1      Mendeskripsikan Sistem organisasi NU.
o  Religius
o  Cermat
NU dan sistem organisasinya
o  Siswa membaca materi tentang Pengertian NU;
o  Siswa mengidentifikasi Pengertian NU;
o  Siswa meresume materi pelajaran;
o  Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o  Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o  Siswa mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
o  Menjelaskan pengertianNU
o  Menunjukan azas-azas organisasi NU
o  Menjelaskan struktur organisasi NU, lembaga, badan Otonom, dan lajnah
o  Menyusun stuktur kepengurusan NU di tingkat kecamatan
Tes tertulis
Uraian
o  Apa yang kamu ketahui tentang NU?
o  Sebutkan azaz-azaz organisasi NU!
5  x  40
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.




Ulangan Harian II




1 x 40


Standar Kompetensi  :     5. Mengenal organisasi IPNU-IPPNU
No.
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.
5.1   Mengenal organisasi.IPNU-IPPNU.
o  Religius
o  Cermat
IPNU-IPPNU
o  Siswa membaca materi tentang Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU;
o  Siswa mengidentifikasi Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU politik;
o  Siswa meresume materi pelajaran;
o  Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o  Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o  Siswa mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru..
o  Menjelaskan Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU;
o  Menunjukan fungsi organisasi IPNU-IPPNU.
o  Menjelaskan struktur organissasi IPNU- IPPNU
o  Menerapkan sistem pengkaderan IPNU-IPPNU
Tes tertulis
Uraian
o  Jelaskan sejarah berdirinya IPNU-IPPNU!
o  Sebutkan fungsi IPNU-IPPNU!
5 x 40
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.




Ulangan Harian III




1 x 40

                                                                                                                                                                                                             Karangasem,  Juli 2016
Mengetahui                                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                             Ke-NU-an




KASORI, S.Ag                                                                                                                                                                                                             M. JAZRI, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Ke Nu an Kelas 8

RPP ke Nu an kelas VII