Prota Ke Nu an
PROGRAM
TAHUNAN
MTs.
ASY-SYAFI’IYAH KARANGASEM MARGASARI TEGAL
Nama Madrasah : MTs.
Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kelas : VII (Tujuh)
No.
|
No.
SK/KD
|
Standar Kompetensi /
Kompetensi Dasar / Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
1
1.1
1.2
2
2.1
|
Mengenal Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia dan Peran pondok Pesantren
Memahami Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan strategi
penyebarannya
Ulangan Harian I
Memahami perkembangan pondok pesantren dan peranannya dalam proses
berdirinya NU
Ulangan Harian II
Memahami Amaliyah Warga NU dan Mengaplikasikannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Meningkatkan penerapan amaliyah rutin warga NU pada peringatan maulid
nabi Muhammad SAW
Ulangan Harian III
|
6
1
5
1
5
1
|
Semester
Gasal
|
Jumlah
|
19
|
|
||
2
|
3
3.1
4
4.1
5
5.1
|
Memahami Ajaran Ahlussunnah Waljamaah
Melestarikan ahlussunnah waljamaah
Ulangan Harian I
Mengenal NU dan Sistem Organisasinya
Mendiskripsikan sistem organisasi NU
Ulangan Harian II
Mengenal Organisasi IPNU-IPPNU
Mendiskripsikan sistem organisasi IPNU-IPPNU
Ulangan Harian III
|
5
1
5
1
5
1
|
Semester
Genap
|
Jumlah
|
18
|
|
Mengetahui, Karangasem, Juli 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an,
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER GASAL
Mata Pelajaran : Ke-NU-an Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Kelas : VII (Tujuh)
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Mengenal Sejarah
Perkembangan Islam di Indonesia dan Peran pondok Pesantren
|
1.1. Memahami
Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan strategi penyebarannya
|
6
|
Libur Kenaikan Kelas 2015/2016
|
Libur Kenaikan Kelas 2015/2016
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
Ulangan tengah Semester Gasal
TP. 2016/2017
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Semester Gasal TP. 2016/2017
|
Remidi
dan Pengolahan Raport
|
Libur
semester gasal TP. 2016/2017
|
Libur
semester gasal TP. 2016/2017
|
|
Ulangan Harian I
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
1.2. Memahami
perkembangan pondok pesantren dan peranannya dalam proses berdirinya NU
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Ulangan
Harian II
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
2
|
Memahami Amaliyah Warga NU dan
Mengaplikasikannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
|
2.1
Meningkatkan penerapan amaliyah rutin warga NU
pada peringatan maulid nabi Muhammad SAW
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
||||||||
Ulangan
Harian III
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
`
|
||||||||||
Jumlah
|
19
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
Karangasem, Juli 2016
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah, Ke-NU-an
KASORI,
S.Ag M. JAZRI, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER GENAP
Mata Pelajaran : Ke-NU-an Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Kelas : VII (Tujuh)
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3
|
Memahami Ajaran Ahlussunnah Waljamaah
|
3.1 Melestarikan ahlussunnah waljamaah
|
5
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
|
UTS
Genap
|
|
|
|
UM
|
UAMBN
|
|
|
UN Utama
|
|
|
|
|
Ulangan semester Genap TP. 2016/2017
|
Remidi dan pengolahan Raport
|
Libur Semester Genap TP. 2016 / 2017
|
Libur Semester Genap TP. 2016 / 2017
|
Ulangan Harian I
|
1
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
4
|
Mengenal NU dan Sistem Organisasinya
|
4.1 Mendiskripsikan sistem organisasi NU
|
5
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Ulangan Harian II
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
5
|
Mengenal Organisasi IPNU-IPPNU
|
5.1 Mendiskripsikan sistem organisasi IPNU-IPPNU
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
||||||||
Ulangan Harian III
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
||||||||||
Jumlah
|
18
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1
|
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Karangasem, Juli 2016
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah, Ke-NU-an
KASORI,
S.Ag M. JAZRI, S.Pd.I
S I L A B U S
Madrasah : MTs. Asy-syafi’iyah Kelas/Semester : VII / Gasal
Mata Pelajaran : Ke-NU-an Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia dan peran pondok pesantren
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.
|
1.1. Menjelaskan Sejarah Perkembangan Islam di
Indonesia dan strategi penyebarannya
|
o Religius
o Cermat
|
Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia dan cara penyebaranya
|
o Siswa membaca materi tentang sejarah masuknya Islam di
Indonesia
o Siswa mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Indonesia
o Siswa
meresume materi pelajaran;
o Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
o Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o Siswa
mencatat
hal-hal penting dari penjelasan guru.
|
o mendiskripsikan
sejarah masuknya Islam di Indonesia
o menunjukan
beberapa
tempat persinggahan para mubaligh islam sebelum masuk Indonesia
o menyebutkan
nama kerajaan islam di nusantara
o Menyebutkan
factor-faktor
pendukung berkembangnya islam di Indonesia
o Menjelaskan
strategi para mubaligh dalam mendakwahkan Islam di Indonesia
o Menyebutkan
Strategi dakwah para mubaligh islam
o Mencontoh
pendekatan yang di pakai para mubaligh islam dalam bidang perekonomian, seni,
budaya dan politik
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
o Jelaskan sejarah masuknya Islam di Indonesia!
o Sebutkan tempat-tempat persinggahan para mubaligh Islam sebelum masuk ke
Indonesia!
o Sebutkan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia!
o Sebutkan faktor-faktor pendukung berkembangnya Islam di Indonesia!
|
6 x 40
|
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa
Tengah.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian I
|
|
|
|
|
1 x 40
|
|
2.
|
1.2 Memahami Perkembangan Pondok pesantren dan
peranannya dalam proses berdirinya NU
|
o Religius
o Cermat
|
Pengertian Pondok Pesantren.
|
o Siswa membaca materi tentang Pengertian Pondok Pesantren
o Siswa mengidentifikasi Pengertian Pondok
Pesantren;
o Siswa
meresume materi pelajaran;
o Siswa
mendengarkan penjelasan
guru;
o Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o Siswa
mencatat hal-hal yang penting.
|
o Menjelaskan
peran pondok pessantren Pesantren;
o Menggambarkan
awal mula berdirinya pesantren
o Menunjukan
pengaruh
pondok pesantren pada awal perkembanganya
o Menjelaskan
proses berdirinya
jamiyah NU
o Mengidentifikasi
latar belakang tebentuknya komiite hijaz pada tahun 1926
o Menyebutkan
tujuan para ulama mendirikan jamiyah NU
o Menunjukan
tokoh-tokoh NU
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
o Jelaskan peran pondok pesantren!
o Jelaskan pengaruh pondok pesantren di
Indonesia!
o Jelaskan proses berdirinya jamiyah
NU!
|
5 x 40
|
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa
Tengah.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian II
|
|
|
|
|
1 x 40
|
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami amaliah Rutin Warga NU dan
mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari hari
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.
|
2.1. Meningkatkan penerapan amaliyah rutin warga
NU pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
|
o Religius
o Cermat
|
Amaliyah
Warga NU
|
o Siswa membaca materi tentang Pengertian Maulid Nabi;
o Siswa
mengidentifikasi tentang Pengertian Maulid Nabi
o Siswa
meresume materi pelajaran;
o Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
o Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o Siswa
mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
|
o Menjelaskan
almalan maulid nabi
o Menunjukan dasar dasar dalil atau qoul ulama.
o Mengidentifikasi isi dari maulid Nabi
o Mengambil hikmah maulid Nabi
o Menjelaskan tata cara menbaca Al barzanji
o Mempraktekan baca Al barzanji di Madrasah
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
o Sebutkan
dasar-dasar dalil atau qoul ulama tentang amaliyah warga NU!
|
5 x 40
|
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa
Tengah.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian III
|
|
|
|
|
1 x 40
|
|
Karangasem, Juli 2016
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah, Ke-NU-an
KASORI,
S.Ag M. JAZRI, S.Pd.I
S I L A B U S
Madrasah : MTs. Asy-syafi’iyah Kelas/Semester : VII / Genap
Mata Pelajaran : Ke-NU-an Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi : 3. Memahami Ajaran Ahlu
Sunnah Wal Jama’ah
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.
|
3.1 Melestarikan Ahlussunnah Waljama’ah
|
o Religius
o Cermat
|
Ahlussunnah Waljama’ah
|
o Siswa
membaca materi tentang Pengertian ahlussunnah Waljama’ah;
o Siswa mengidentifikasi Pengertian
ahlussunnah Waljama’ah
o Siswa meresume materi pelajaran;
o Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o Siswa mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
|
o Menjelaskan Pengertian ahlussunnah
Waljama’ah;
o Menunjukan ajaran –ajaran Ahlussunah wal
jama’ah
o Menunjukan strategi pengamalan ajaran
Ahlussunah wal jama’ah
o Menerapkan ajaran ahlussunah wal jama’ah dalam
kehidupan sehari -hari
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
o Jelaskan pengertian Ahlussunnah Waljamaah!
o Sebutkan ajaran-ajaran Ahlussunnah Wal jamaah!
|
5 x 40
|
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa
Tengah.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian I
|
|
|
|
|
1 x 40
|
|
Standar Kompetensi : 4. Memahami Sistem
organisasi NU
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.
|
4.1 Mendeskripsikan Sistem organisasi NU.
|
o Religius
o Cermat
|
NU dan sistem organisasinya
|
o Siswa
membaca materi tentang Pengertian NU;
o Siswa mengidentifikasi Pengertian NU;
o Siswa meresume materi pelajaran;
o Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o Siswa mencatat hal-hal yang
penting dari penjelasan guru.
|
o Menjelaskan
pengertianNU
o Menunjukan azas-azas organisasi NU
o Menjelaskan struktur organisasi NU,
lembaga, badan Otonom, dan lajnah
o Menyusun stuktur kepengurusan NU di tingkat
kecamatan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
o Apa yang kamu ketahui tentang NU?
o Sebutkan azaz-azaz organisasi NU!
|
5 x 40
|
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa
Tengah.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian II
|
|
|
|
|
1 x 40
|
|
Standar Kompetensi : 5. Mengenal organisasi IPNU-IPPNU
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.
|
5.1 Mengenal organisasi.IPNU-IPPNU.
|
o Religius
o Cermat
|
IPNU-IPPNU
|
o Siswa membaca materi tentang Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU;
o Siswa mengidentifikasi Sejarah Berdirinya
IPNU-IPPNU politik;
o Siswa meresume materi pelajaran;
o Siswa mendengarkan penjelasan guru;
o Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas;
o Siswa
mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru..
|
o Menjelaskan
Sejarah Berdirinya IPNU-IPPNU;
o Menunjukan fungsi organisasi IPNU-IPPNU.
o Menjelaskan struktur organissasi IPNU-
IPPNU
o Menerapkan sistem pengkaderan IPNU-IPPNU
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
o Jelaskan sejarah berdirinya IPNU-IPPNU!
o Sebutkan fungsi IPNU-IPPNU!
|
5 x 40
|
Buku Materi Dasar Ke-NU-an PW LP Ma’arif NU Jawa
Tengah.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian III
|
|
|
|
|
1 x 40
|
|
Karangasem, Juli 2016
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah, Ke-NU-an
KASORI,
S.Ag M. JAZRI, S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar