RPP Ke Nu an Kelas 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs Asy-syafi’iyah
Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VIII / Gasal
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit (4x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
1. Mendiskripsikan
Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Memahami Hubungan NU dan Ahlussunnah
Waljama’ah secara aqidah, syariah dan akhlaq
C. Indikator
1.
Menjelaskan Hubungan NU dan ahlussunnah waljama’ah
2.
Menjelaskan tentang paham ahlussunnah waljama’ah dan
ciri-cirinya
3.
Menunjukan ciri-ciri paham ahlussunah wal jama’ah
D. Materi
Pembelajaran
Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljamaah
E. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam,
berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah;
b.
Siswa
mengidentifikasi Sejarah Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan
penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam,
berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah;
b.
Siswa
menjelaskan Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan
penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam,
berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
inti
1.
Siswa
membaca materi tentang Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah;
2.
Siswa
menjelaskan tentang paham Ahlussunnah Waljama’ah dan ciri-cirinya;
3.
Siswa
meresume materi pelajaran;
4.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
5.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
6.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan
penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam,
berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1). Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Hubungan NU dan Ahlussunnah Waljama’ah;
b.
Siswa
menunjukan ciri-ciri paham Ahlussunah Waljama’ah;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan
penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VIII PW LP Ma’arif NU
Jawa Tengah.
H. Penilaian
1.
Jenis :
Tes
2.
Bentuk : Tes tertulis : Soal
Jaksing dan Soal Uraian
3.
Instrumen soal
a. Soal jaking
1. NU
didirikan pada tanggal......
2. Rahmatal
lil alamin artinya.......
3. Attawazun
artinya....
4. Siakp
Takabur adalah....
5. Siakp
radikal adalah...
6. Dalil
Naqli adalah...
7. Sikap
At-Tasamuh adalah...
8. Sikap
Syaja’ah adalah....
9. Prinsip
ajaran ahlusunah waljama’ah adalah mengutamakan sikap...
10. Al
iktidal artinya...
b. Soal uraian
1.
Jelaskan latar belakang Hubungan NU dengan
ahlussunnah waljama’ah?
2.
Sebutkan Ciri-ciri NU yang mudah
dikenal di masyarakat!
3.
Jelaskan Aspek-aspek paham aswaja!
4.
Dalam bidang aqidah Ahlus sunnah
mengikuti pemikiran siapa? Jelaskan!
5.
Dalam bidang syari’ah ahlus sunnah
wal jama’ah mengikuti siapa? Jelaskan!
Jawaban !!
a.
Soal Jaksing
1. 31
januari 1926
2. Rahmat
bagi seluruh Alam
3. Sikap
seimbang
4. Siakap
sombong
5. Sikap keras
6. Dalil
Al-Qur’an dan Al hadist
7. Sikap
toleransi
8. Sikap
pemberani
9. Moderat
10.
Sikap tegak lurus
b.
Soal Uraian
1.
Latara belakang Nu di dirikan
adalah untuk memperthankan ajaran ahlussunnah wal jama’ah dari pengaruh paham
lain yang ingin manghancurkan aliran ahlussunnah waljama’ah
2.
Santun dalam bermasyarakat
Santun dalam beribadah
Santun dalam menghadapi perbedaan
3.
Aspek aqidah, aspek syari’ah dan
aspek ahlak atau tasawuf
4.
Syekh abu hasan al asy-ari
Imam abu mansur al maturidi
5.
Imam hanafi, imam maliki, imam
syafi’i dan imam hambali
4.
Instrumen Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Keaktifan
|
Sikap
|
Bertanya
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Ket : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup,
2 = kurang 1 = sangat kurang).
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VIII /
Gasal
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (4 x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
1. Mendiskripsikan
Hubungan NU dan ahlussunnah waljama’ah
B. Kompetensi
Dasar
1.2. Mengetahui
gerakan-gerakan yang bertentangan dengan paham Ahlussunnah Waljamaah
C. Materi
Pembelajaran
Gerakan-gerakan
yang bertentangan dengan paham Ahlussunnah Waljama’ah
D. Indikator
1.
Menyebutkan
gerakan-gerakan yang bertentangan dengan paham Aswaja
2.
Menyebutkan
gerakan-gerakan yang bertentangan dengan aliran aswaja
3.
Menampilkan
sikap yang bijaksana setelah memahami gerakan yang bertentangan dengan paham
aswaja
E. Metode
Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Usaha NU dalam mempertahankan paham aswaja dalam
kehidupan masyarakat;
b.
Siswa
mengidentifikasi gerakan-gerakan yang bertentangan dengan paham aswaja;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Usaha NU dalam mempertahankan paham aswaja dalam
kehidupan masyarakat;
b.
Siswa
menyebutkan gerakan-gerakan yang bertentangan dengan paham Aswaja;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Usaha NU dalam mempertahankan paham aswaja dalam
kehidupan masyarakat;
b.
Siswa
menampilkan sikap yang bijaksana setelah memahami gerakan yang bertentangan
dengan paham aswaja;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G.
Media/Sumber
Belajar
Buku Materi
Dasar Ke-NU-an kelas VIII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
H. Penilaian
1.
Jenis :
tes
2.
Bentuk :
Tes tertulis : Soal Jaksing Dan
Soal Uraian
3. Instrumen soal
a.
Soal Jaksing
1. Menurut
Rosulullah islam akan pecah menjadi.....
2. Siapakah
yang akan selamat.......
3. Paham
wahabi didirikan oleh....
4. Inti
ajaran paham wahabi adalah.....
5. Siapa
pendiri paham ahmadiyah..
6. Apa
inti ajaranya....
7. Apa
kesalahan dari LIA EDEN...
8. Apa
kesalahan dari AHMAD MUSODEK
9. Siapa
pendiri paham Najariyah....
10.
Apa inti Ajaran Najariyah
...
b.
Soal Uaian
1.
Sebutkan aliran-aliran yang
bertentangan dengan paham Aswaja!
2.
Siapa dan apa inti ajaran Wahabi!
3.
Siapa dan apa inti ajaran
Ahmadiyah!
4.
Sebutkan aliran-aliran yang
berkembang di indonesia yang bertentangan dengan paham Aswaja
5.
Jelaskan inti ajaran aliran
Bahaiyah!
Jawaban !!
a.
Soal Jaksing
1. 73
Golongan
2. Golongan
Ahlussunnah wal jama’ah
3. Muhammmad
bin abdul wahab
4. Mengkafirkan
orang yang bersholawat kepada Nabi
5. Mirza
Ghulam Ahmad
6. Mengaku
menjadi Nabi
7. Mengaku
menjadi titisan malaikat Jibril
8. Mengaku
menjadi Nabi
9. Abu
Abdillah Husain bin Muhammad An-Najar
10. Hendak
menyatukan berbagai macam Agama
b.
Soal Uraian
1.
Aliran Wahabi, Aliran Bahaiyah,
aliran Ahmadiyah, Aliran Najariyah
2.
Muhammad Bin Abdul wahab
Inti ajaranya adalah mengkafirkan orang yang bersholawat kepada Nabi
3.
Mirza Ghulam Ahmad
Inti ajaranya adalah Mangaku Manjadi Nabi
4.
Aliran yang dikembangkan oleh LIA
EDEN
Aliran yang di keembngkan oleh AHMAD MUSHODEK
5.
Hendak menyatukan berbagai macam
Agama
4.
Instrumen Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Keaktifan
|
Sikap
|
Bertanya
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat
baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang,
1 =
sangat kurang).
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VIII /
Gasal
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (4x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
2. Mengetahui
peran ulama dalam menyebarkan paham Aswaja
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Mengidentifikasi usaha NU dalam mempertahankan
paham aswaja dalam kehidupan sehari-hari
C. Materi
Pembelajaran
NU dalam menyebarkan paham ahlusuunah waljama’ah
D. Indikator
1.
Menjelaskan pengertian ulama secara bahasa dan istilah;
2.
Menyebutkan kedudukan seorang ulama;
3.
Menjelaskan kedudukan seorang ulama;
4.
Menjelaskan peran ulama;
5.
Menunjukan usah-usaha NU dalam mempertahankan
paham Aswaja
E. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang NU dalam menyebarkan paham ahlussunnah waljama’ah;
b.
Siswa
menjelaskan pengertian ulama secara bahasa dan istilah;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang NU dalam menyebarkan paham ahlussunnah waljama’ah;
b.
Siswa
menyebutkan kedudukan seorang ulama;
c.
Siswa
menjelaskan kedudukan seorang ulama;
d.
Siswa
meresume materi pelajaran;
e.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
f.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
g.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang NU dalam menyebarkan paham ahlussunnah waljama’ah;
b.
Siswa
menjelaskan peran ulama;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang NU dalam menyebarkan paham ahlussunnah waljama’ah;
b.
Siswa
menunjukan usah-usaha NU dalam mempertahankan paham Aswaja;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar Ke-NU-an kelas VIII PW LP Ma’arif NU
Jawa Tengah.
H. Penilaian
1. Jenis : tes
2.
Bentuk :
a.
Tes tertulis : soal jaksing dan soal
uraian
3. Instrumen
soal
a. Soal jaksing
1. Kata
ualama berasal dari kata.....
2. Kata
ulama artinya...
3. Kata
ualama merupkan bentuk jamak dari.....
4. Ulama
adalah pewaris dari para.....
5. Menurut
Syekh Muhammad bin Ajibah ulama terbagi menjadi ....tingkatan
6. Alim
adalah....
7. Abid
adalah...
8. Arif
adalah....
9. Menurut
Syekh Az Zarnuji ulama di ibaratkan seperti...
10.
Ukhuwah Wathoniyah adalah...
a.
Soal uraian
1. Jealaskan
pengertian dari Ulama baik secara bahasa maupun Istilah !
2. Sebutkan
kriteria-kriteria seorang Ulama !
3. Tuliskan
Hadis yang menerangkan bahwa ulama adlah pewaris para nabi...
4. Sebutkan
dan jelaskan Tri ukhuwah islamiyah!
5. Sebutkan
dan jelaskan tingkatan-tingkatan ulama menurut Syekh Muhammad bin Ajibah!
Jawaban !!
a) Soal
Jaksing
1.
Alima
2.
Mengetahui
3.
Alimun
4.
Nabi
5.
3 tingkatan
6.
Orang yang mewrisi ilmunya Nabi
7.
Orang yang mewarisi Amalnya Nabi
8.
Orang yang mewarisi ilmu dan amalnya
Nabi
9.
Dokter
10.
Persaudaraan setanah-air
b) Soal
Uraian
1. Ulama
Secara bahasa adalah mengetahuaia
Ulama secara istilah adalah orang islam yang memiliki
ilmu pengetahuan yang mendalamdan beliau mengamalkan ilmunya dalamkehidupan
sehari-hari
2. Mempunyai
pengetahuan yang mendalam
Bertakwa kepada Alloh SWT
Memiliki akhlak yang mulia
Berjuang untuk kemaslahatan umat
Mampu menjadi suri tauladan bagi umat
3. العلماء ورثة الانبياء
4. Ukhuwah islamiyah : persaudaraan sesama Muslim
Ukhuwah Wathoniyah : persaudaraan Setanah air
Ukhuwah Basyariyah : persaudaraan sesama Manusia
5. Alim :
orang yang mewarisi Ilmunya Nabi
Abid Adalah orang yang mewarisi Ibadahnya Nabi
Arif Adalah orang yang mewarisi Ilmu dan amalnya Nabi
b. Instrumen
penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Keaktifan
|
Sikap
|
Bertanya
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat
baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang,
1
= sangat kurang).
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VIII /
Gasal
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (4x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
3. Memahami sumber-sumber hukum
Islam paham ahlussunnah Waljamaah
B. Kompetensi
Dasar
3.1. Mengenal sumber-sumber hukum islam dan kedudukannya
dalam ahlussunnah Waljamaah
C.
Materi Pembelajaran
Sumber- sumber hukum islam menurut Ahlussunah
Waljama’ah
D. Indikator
1. Menyebutkan sumber-sumber hukum islam menurut ahlussunah wal jama’ah;
2.
Menjelaskan kedudukan Al-Qur’an di dalam hukum islam;
3.
Menjelaskan kedudukan hadis di dalam hukum islam;
4.
Menunjukan kedudukan ijma’ dan qiyas di dalam hukum islam
E. Metode Pembelajaran
Ceramah
bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang sumber-sumber hukum Islam paham ahlussunnah Waljamaah;
b.
Siswa
menyebutkan sumber-sumber hukum islam menurut ahlussunah wal jama’ah;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang sumber-sumber hukum Islam paham ahlussunnah Waljamaah;
b.
Siswa
menjelaskan kedudukan Al-Qur’an di dalam hukum islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang sumber-sumber hukum Islam paham ahlussunnah Waljamaah;
b.
Siswa
menjelaskan kedudukan hadis di dalam hukum islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang sumber-sumber hukum Islam paham ahlussunnah Waljamaah;
b.
Siswa
menunjukan kedudukan ijma’ dan qiyas di dalam hukum islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar
Ke-NU-an kelas VIII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
H. Penilaian
1. Jenis : Tes
2.
Bentuk : Tes tertulis :
soal jaksing dan soal uraian
3.
Instrumen Soal
a.
Soal jaksing
1.
Al-qur’an secara bahasa adalah....
2.
Al-Qur’an adalah kitab suci yang
diturunkan kepada Nabi...
3.
Kedudukan Al-Qur’an sebagai sumber
Hukum yang.....
4.
Hadis secara bahasa Adalah....
5.
Sunnah secara bahasa adalah....
6.
Ijma’ secara bahasa adalah..
7.
Qiyas secara bahasa adalah....
8.
Al ahkam al i’tiqodiyah maksudnya
adalah...
9.
Al ahkam al Khuluqiyah maksudnya
adalah...
10. Al
ahkam al amaliyah maksudnya adalah......
b.
Soal uraian
1.
Sebutkan sumber-sumber hukum Islam
menurut aswaja
2.
Jelaskan pengertian al qur’an baik
secara bahasa maupun Istilah!
3.
Jelaskan kedudukan al-Qur’an di
dalam hukum Islam
4.
Jelaskan pengertian Ijma’ menurut
Bahasa dan Istilah!
5.
Sebutkan Rukun-Rukun qiyas!
Jawaban !!!
1.
Bacaan
2.
Nabi Muhammad SAW
3.
Pertama
4.
Yang baru
5.
Jalan
6.
Konsensus
7.
Analogi/perumpamaan
8.
Hukum yang bersifat keyakinan
9.
Hukumyang bersifat tingkah laku
10. Hukum
yangbersifat amaliyah
b.
Soal Uraian
1. Al
qur’an , al Hadis, Ijma’ , Qiyas
2. Al-qur’an
secara bahasa adalah bacaan
Alqur’an secara istilah Adalah firman Alloh yang
diturunkan kepda Rosullullah melalui malaikat jibril yang diriwayatkan secara
mutawatir sebagai ibadah bagi siapa yang membacanya.
3. Kedududkan
al-qur’an didalam hukum islam adalah yang pertama
4. Ijma
menurut bahasa adalah kesepakatan/konsensus
Ijma secara istilah adalahkesepakatan para ulama
tentang suatuperkara setelah wafatnya Rosulullloh
5. Al
–ashlu, Al-Far’u, hukum Ashli, illlat
4.
Instrumen penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Keaktifan
|
Sikap
|
Bertanya
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat
baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang,
1 = sangat
kurang).
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VIII /
Genap
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (8x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
4. Memahami
aliran-aliran dalam Islam.
B. Kompetensi
Dasar
4.1 Mendiskripsikan sejarah dan macam-macam
aliran dalam Islam
C. Materi
Pembelajaran
Sejarah Munculnya
Aliran dalam Islam
D. Indikator
1.
Mengidentifikasi
Sejarah Munculnya Aliran dalam Islam;
2.
Menjelaskan
Sejarah Munculnya Aliran dalam Islam;
3.
Mengidentifikasi
Macam-macam aliran dalam Islam;
4.
Menjelaskan
Macam-macam aliran dalam Islam
E. Metode
Pembelajaran
Ceramah
bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
mengidentifikasi Sejarah Munculnya Aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
mengidentifikasi Sejarah Munculnya Aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
menjelaskan Sejarah Munculnya Aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
menjelaskan Sejarah Munculnya Aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Kelima
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
mengidentifikasi macam-macam aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Keenam
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
mengidentifikasi macam-macam aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Ketujuh
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang aliran-aliran dalam Islam;
b.
Siswa
menjelaskan macam-macam aliran dalam Islam;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar
Ke-NU-an kelas VIII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
H. Penilaian
1. Jenis : Tes
2.
Bentuk : Tes tertulis :
soal jaksing dan soal uraian
3.
Instrumen Soal
a. Soal
jaksing
1. Munculnya
aliran dalam islam di sebabkan faktor....
2. Ali bin
abi tholib adalah kholifah yang ke...
3. Perang
jamal adalah perang...
4. Perang
siffin terjadi pada tahun...
5. La hukma
illa lilllah adalah semboyan aliran.....
6. Dalam
tahkim pasukan ali di wakili oleh....
7. Dalam tahkim
pasukan muawiyah di wakili oleh.....
8. Fre wiil
artinya....
9. Freee act
artinya....
10. Al
manzilah baina manzilatain.......
b. Soal
Uraian
1. Jelaskan
sejarah munculnya aliran-aliran dalam Islam!
2. Sebutkan
macam-macam aliran dalam Islam!
3. Apa inti
dari aliran qodariyah! Jelaskan!
4. Apa inti
ajaran kaum Khowarij!
5. Jelaskan
pengertian aliran Ahlussunnah Waljama’ah
Jawaban !!
a.
Soal jaksing
1. Faktor
politik
2. 4
3. Memakai kendaraan
Onta
4. 656 M
5. Muktazilah
6. Abu Musa
Al Asy- Ary
7. Amr bin
Ash
8. Kekebasan
berkehendak
9. Kebebasan
bertindak
10. Tempat
diantara 2 tempat
b.
Soal Uraian
1. Munculnya
aliran-aliran dalam islam cenderung di sebabkan oleh faktor poliatik
2. Aliran
Khowarij, aliran qodariyah, aliran jabariyah, syiah, aliran mu’tazilah,
Ahlussunah wal jama’ah
3. Aliran
yang berpendapat bahwa manusia itu mempunyai kebebasan baik berbuat maupun
berkehendak
4. Aliran
yang berpendapat bahwa apabila ada orang mukmin yng berbuat dosa besar maka
sudah termasuk keluar dari agama islam sehingga wajib di bunuh
5. Alira
yang mengikuti ajaran islam yang murni sesuai apa yang telah di ajarankan oleh
rosululloh dan para sahabatnya.
c.
Lembar Observasi terlampir
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Keaktifan
|
Sikap
|
Bertanya
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat
baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang,
1 =
sangat kurang).
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
MTs Asy-syafi’iyah Karangasem
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas/Semester : VIII /
Genap
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (8 x
Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
5. Memahami
amaliah Rutin Warga NU (Tahlil)
B. Kompetensi
Dasar
5.1 Melakukan
Tahlil sebagai amaliah rutin warga NU
C. Materi
Pembelajaran
Melakukan Tahlil sebagai amaliah rutin warga NU
D. Indikator
1. Mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan Pengertian Tahlil;
2. Menjelaskan Pengertian Tahlil;
3. Mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan Bacaan Tahlil;
4. Mengenal Bacaan Tahlil;
5. Mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan Keutamaan Tahlil;
6. Mengenal Keutamaan Tahlil;
7. Mengidentifikasi Praktek Tahlil;
8. Mempraktekan Tahlil
E. Metode
Pembelajaran
Ceramah
bervariasi, inquiri, dan tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan Pengertian Tahlil;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
menjelaskan pengertian tahlil;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan bacaan tahlil;;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
mengenal bacaan tahlil;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Kelima
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan keutamaan tahlil;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Keenam
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
mengenal keutamaan tahlil;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
Pertemuan
Ketujuh
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam kegiatan pembelajaran (salam, berdo’a, tadarus, absensi dan
lain-lain)
b. Motivasi
1) Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya;
2) Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa
membaca materi tentang Tahlil;
b.
Siswa
mengidentifikasi praktek tahlil;
c.
Siswa
meresume materi pelajaran;
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru;
e.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas;
f.
Siswa
mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
3.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G. Media/Sumber
Belajar
Buku Materi Dasar
Ke-NU-an kelas VIII PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah.
H. Penilaian
1.
Jenis : tes
2.
Bentuk : a. Tes
tertulis : soal jaksing dan soal uraian
3. Instrumen soal
a. Soal Uraian
1) Kata
tahlil berasal dari kata...
2) Tahlil
artinya...
3) Hadroh
dalam tahlil berarti...
4) Tahlil
biasa di lakukan oleh umat islam pada malam....
5) Surat al-
qur’an yang apa bila di bca 3 kali pahalanya seperti membaca 30 juz adalh
surat....
6) Diantara
keutamaan surat al fatihah adalah...
7) Subhanalloh
adalah abacaan...
8) ”lahaula
Wala Kuwwata illa billah ” adalah bacaan...
9) ”hasbunalloh
wani’mal wakil” adalah bacaan
10) ”Irhamna
ya arhamar rohimin” adalah bacaan...
b.
Soal Uaraian
1.
Jelaskan pengertian Tahlil dari segi
bahasa dan istilah!
2.
Sebutkan bacaan yang ada dalam tahlil!
3.
Tuliskan bacaan tarhim dalam tahlil!
4.
Jelaskan perbeda’an antara tafaul dan tabaruk !
5.
Jelaskan keutamaan dalam tahlil !
Jawaban !
a.
Soal Jaksing
1.
Hallala- yuhallilu
2.
Membaca kalimat lailaha illalloh
3.
Pernyataan Niat kepada siapa pahala
tahlil di alamatkan.
4.
Jum’at
5.
QS al Ikhlas
6.
Di buka pintu keberkahan
7.
Tasbih
8.
Hauqola
9.
Hasbalah
10.
Tarhim
b.
Soal uraian
1.
Tahlil secara bahasa artinya membaca
kalimat la illaha illalloh
Tahlil secara istilah adalah membaca serangkaian surat-surat Al
qur’an, ayat-ayat pilihan dankalimat-kalimat dzikir pilihan dengan meniatkan
pahalanya untuk paraarwah dan di tutup dengan do’a
2. Membaca
hadroh, surat al ikhlas, surat al falaq, surat annas,ayat kursi, membca
tarhim,membaca sholawat nabi, membaca istighfar, dan do’a
3. ارحمنا يا ارحم الراحمين
4. Tafa’ul artinya mengharapkan kebaikan kepada Alloh, seperti
kebaikan yang di berikan-Nya kepada
seseorang
Tabaruk adalah mengharapkan berkah alloh, yakni selalu bertambahnya
kebaikan
5.
Di ampuni segala dosa
b.
Instrumen Penilaian
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
Rata-Rata
|
||
Keaktifan
|
Sikap
|
Bertanya
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan : skor : 1 – 5 ( 5 = sangat
baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang,
1 =
sangat kurang).
Mengetahui, Karangasem,
............................... 2016
Kepala Madrasah Guru
Mapel Ke-NU-an
KASORI, S.Ag M.
JAZRI, S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar