Program Kesiswaan
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Program kerja kesiswaan ini telah disetujui dan
disahkan
Oleh kepala MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
Pada Tanggal, Juli
2016
Karangasem, Juli
2016
Kepala MTs. Asy-Syafi’iyah
Waka Kesiswaan
KASORI S.Ag
M.
JAZRI S.Pd.I
KATA PENGANTAR
بسم الله الرØÙ…Ù† الرØÙŠÙ…
Puji dan
Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan
Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program
kerja wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan tahun pelajaran 2016/2017.
Program kerja ini disusun
berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja
pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai
elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
- Instruksi tertulis / Edaran kepala Madrasah tentang tugas pokok wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan.
- Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
- Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan.
- Pengurus OSIS dan siswa/MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem.
- Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
- Pengurus komite Madrasah.
Didasari keberadaan siswa di
Madrasah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan
kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan
anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih
diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan non akademik sesuai minat
dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian diharapkan siswa
yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib
siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan Pembina OSIS
dan pendidik diharapkan keberadaan Madrasah semakin maju dan Madrasah sebagai
tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat member
nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan Public keMadrasah
yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar MTs.
Asy-Syafi’iyah Karangasem Kabupaten Tegal
Menyadari kekurangan-kekurangan
penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan
saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program
serupa khusunya program kerja wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan di masa
yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan satu
kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program kerja ini
dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara
dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di
MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem dengan visi dan misi Madrasah sebagai tolak ukur
keberhasilan kerja Madrasah, amin;
Karangsem,
Juli 2016
Waka
Kesiswaan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional bertujuan
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani kepribadian yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa
tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan
diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna
memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui
pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga
optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu
sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini
telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan
sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan Madrasah maupun pembinaan
kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di Madrasah
tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non akademik
juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun ekstrakulikuler,
melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya
seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh,
hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan
pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan
strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik diMadrasah.
Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan kesiswaan.
Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam pembbinaan
kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan peserta didik
(siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru sebagai mediasi
atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari kinerja
pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai dengan
karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan
kreativitasnya.
MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
merupakan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Departemen
Pendidikan yang merupakan pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala Madrasah,
fungsi kepala Madrasah diantaranya sebagai Pimpinan Administrative
dan Supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin
seluruhnya dapat ditangani sendiri. Maka dalam melaksanakan tugasnya
didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala Madrasah.
Di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
terdapat 5 wakil kepala Madrasah yaitu : Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan,
Wakil Humas dan Wakil Sarana Prasarana. Tiap2 wakil memilliki tugas dan
perannya masin – masing sebagai perpanjangan tangan kepala Madrasah.
Tugas wakil kepala Madrasah bidang
kesiswaan adalah :
- Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannya kepada kepala Madrasah untuk mendapatkan pengesahannya.
- Merencanakan dan melaksanaan penerimaan siswa baru.
- Bersama wakil kepala bidang kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada kepala Madrasah.
- Merencanakan dan melaksanakan kegiatan MOS bagi siswa kelas VII.
- Mengatur tatatertib siswa dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.
- Mengatur seluruh aktivitas siswa baik didalam Madrasah.
- Mengorganisir pelaksanaan karya wisata.
Walaupun diMadrasah – Madrasah telah
ada wakil kepala Madrasah urusan kesiswaan, akan tetapi sifatnya kordinatif dan
administrative. Ia bertugas mewakili kepala Madrasah dalam hal memadukan
rencana serta mengkordinasikan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan sebagai
bagian yang terpadu dari keseluruhan program pendidikakn diMadrasah.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan
diMadrasah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah
salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik
dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab atas
terselenggarannya proses tersebut diMadrasah baik melalui bimbingan,
pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam
upaya mempasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya
berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari
tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal.
dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal,
mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga
kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan
kesiswaan diMadrasah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata
pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap
guru sebagai penedidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan
kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan
bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang pembinaan
kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan
indicator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan.
Keseluruhan indicator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud
dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara
umum dalam program pendidikan diMadrasah, maupun secara khusus terpadu dalam
program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata
pelajaran dan guru pembimbing.
B.
MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk
membantu mewujudkkan visi dan misi MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem yang tertuang
dalam program strategi Madrasah, program
kerja kepala Madrasah serta mewadahi suara siswa aktivitas dan
kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS)
2.
Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan
kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional,
sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
‘Pendidikan Nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.’
Adapun secara khusus, pembinaan
kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik (siswa)
melalui penyelenggaraan program bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan,
agar peserta didik dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
- Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk
kegiatannya antara lain :
- Pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan ajaran agama.
- Kegiatan-kegiatan keagamaan,
- Peringatan hari-hari besar keagamaan,
- Perbuatan amaliyah
- Kegiatan seni bernafaskan keagamaan, dan
- Lomba yang bersifat keagamaan.
- Keperibadian yang utuh dan budi pekerti yang luhur
Kegiatannya
dapat dalam bentuk pelaksanaan :
- Tata tertib Madrasah
- Tata-krama dalam kehidupan Madrasah, dan
- Sikap hormat terhadap guru, orang tua,sesama siswa, dan lingkungan masyarakat.
- Kepemimpinan
Kegiatan
kepemimpinan antara lain
·
siswa dapat
berperan aktif dalam OSIS
·
kelompok
belajar
·
kelompok ilmiah
·
latihan
dasar kepemimpinan
·
forum
diskusi, dan sebagainnya.
- Kreativitas, Keterampilan, dan kewirausahaan.
Dalam hal
ini bentuk kegiatannya, antara lain :
- Keterampilan menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
- Kerajinan dan keterampilan tangan
- Keterampilan baca tulis.
- Kualitas jasmani dan kesehatan
Kegiatannya
dapat dalam bentuk :
·
berperilaku
hidup sehat dilingkungan Madrasah, rumah, dan masyarakat
·
Usaha
Kesehatan Madrasah (UKS)
·
Kantin Madrasah
·
kesehatan
mental
·
Upaya
Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
·
pencegahan
penularan HIV/AIDS
·
Olah raga
·
pembiasaan
5K yakni :
keamanan,
kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan
·
peningkatan
kemampuan psikososial untuk mengatasi berbagai tantangan hidup.
5.
Seni –
Budaya
Kegiatannya
dapat dalam bentuk :
- Wawasan keterampilan siswa dibidang seni suara, sastra, dan pertunjukan
- Penyelanggaraan sanggar seni
- Pementasan/pameran berbagai cabang seni, dan
- Pengenalan dan apresiasi seni-budaya bangsa.
- Pendidikan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Bentuk
kegiatannya antara lain :
- Upacara bendera
- Bhakti social/masyarakat
- Baris berbaris
- Peringatan Hari Besar Bersejarah Bangsa
- Wisata siswa (alam dan tempat bersejarah)
- Pelestarian lingkungan.
Berdasarkan surat keputusan dirjen
Dikdasmen No. 226/C/Kep/O/1993 disebutkan bahwa satu-satunya organisasi
yang diakui keberadaannya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang mempunyai pengertian :
- Organisasi : kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapapai tujuan bersama
- Siswa : Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
- Intra : terletak didalam atau diantara
- Madrasah : Satuan pendidikan tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
Ini berarti OSIS adalah ;
“siswa-siswa yang memiliki tujuan
yang sama yang berada pada suatu Madrasah, pendiriannya melalui mekanisme
aturan yang berlaku, memiliki anggaran dasar (AD), memiliki anggaran rumah
tangga (ART), memilki program yang jelas yang dapat dipertanggung jawabkan dan
berkesinambungan.
Menyadari arti keberadaan OSIS,
khususnya di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem perencanaan program bertujuan :
- Menghimpun dan mewadahi berbagai aspirasi baik lisan maupun tulisan berbagai tingkat siswa di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem dalam suatu organisasi kesiswaan dengan OSIS.
- Membantu dan mewadahi ide pemikiran, bakat dan minat serta kreativitas melalui berbagai kegiatan yang dikomandoi oleh ketua OSIS dibawah bimbingan Pembina OSIS
- Mendorong sifat jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan kekeluargaan dan persahabatan antara siswa di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem dan dengan siswa atau individu lain diluar Madrasah
- Menumbuh-kembangkan rasa kebangsaan siswa terhadap Madrasah guna mendukung pelayanan Madrasah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar berjenjang dan berkelanjutan.
- Terbinannya rasa hormat menghormati, bekerjasama demokratis dan transparan dan disiplin serta siswa bermoral dan berakhlak yang baik dan berkompetensi diri yang handal.
- Melalui pembinaan kecakapan hidup (life skill) siswa diarahkan dan disiapkan dibekali berbagai kemampuan keterampilan untuk dapat hidup dimasyarakat kelak yang dapat dihormati dibanggakan warga dilingkungannya.
Materi program pembinaan kesiswaan
dikembangkan dari enam kompetensi standar yang harus dikuasai oleh guru Pembina
kesiswaan. Dalam penerapannya, para guru diharapkan berangkat dari pengkajian
secara seksama terhadap setiap kompetensi, subkompetensi, dan
indikator-indikator tersebut. Selanjutnya dipertimbangkan kesesuaiannya dengan
bidang masing-masing dan atau bidang kegiatan bakat, minat, kreativitas siswa.
Pada giliran berikutnya, para guru dapat menuangkan hasil pengkajjian itu
kedalam rancangan program pembinaan kesiswaan yang terpadu dalam
keseluruhan program penndidikan diMadrasah.
Matrik berikut menunjukkan
keterkaitan antara kompetensi dengan materi bidang pembinaan kesiswaan. Dengan
mencermati matrik yang dimaksud, para guru diharapkan dapat memperoleh gambaran
yang jelas tentang kompetensi dan materi bidang pembinaan kesiswaaan. Dari
gambaran yang jelas, selanjutnya para guru dapat merancang, melaksanakan, dan
menilai program pembinaan kesiswaan secara komprehensif.
C. PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN
- Prinsip pelaksanaan
Ing ngarso sungtulodo
Mengandung arti bahwa seorang
pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai
pola aturan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya.
Ing Madyo Mangunkarso
Mengandung arti bahwa seorang
pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada
orang yang dipimpinnya.
Tutwuri Handayani
Mengandung arti seorang pemimpin
harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani bejalan didepan
dan sanggup bertanggung jawab.
- Asas-asas pelaksanaan
- Kekeluargaan dan kegotong-royongan
- Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan
- Kebersamaan
- Selaras serasi dan seimbang
D. SASARAN
- Turut serta mewujudkan wawasan wiyata mandala serta visi dan misi Madrasah
- Membina dan meningkatkan serta lebih memantapkan kepemimppinan pengurus dan anggota OSIS,sehingga melahirkan kepemimpinan OSIS yang berwibawa melalui jalur
·
Organisasi
kesiswaan
·
Latihan
Kepemimpinan
·
Kegiatan
Ekstrakulikuler
·
Kegiatan
Wawasan wiyata mandala
- Terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya organisasi siswa intra Madrasah dalam usaha mewadahi aspirasi seluruh siswa membina, melatih dan mengembangkan bakat dan minat siswa baik didalam maupun diluar Madrasah yang berimplikasi memberi dorongan serta motivasi pada proses belajar mengajar siswa diMadrasah.
- terciptannya segala keberhasilan diberbagai event perlombaan siswa diMadrasah, diluar Madrasah baik ditingkat kecamatan cikembar, kabupaten dan profinsi.
E. DASAR HUKUM
Dasar hukum penyelenggaraan
pembinaan kesiswaan :
1)
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1
butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa pendidikan
nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal 4 ayat (4)
bahwa pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan, membangun
kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses
pembelajarran, dan pasal 12 ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta
didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan
sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
2) Peraturan
pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d
pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3) Peraturan
menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk
satuan pendidikan dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri peserta
didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan / atau
dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4) Dasar
standarisasi profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral
pendidikan tinggi tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi
konseling diMadrasah dan diluar Madrasah.
F.
SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I
: Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang maksud
dan tujuan serta dasar hukum Pelaksanaan
BAB II
: Perencanaan Kegiatan
Mengungkapkan
garis-garis besar program kegiatan kesiswaan dan distribusi rincian jadwal kegiatan yang direncanakan.
BAB III
: Perencanaan Anggaran Kegiatan
Mengemukakan kemungkinan anggaran
yang diperlukan guna dapat melaksanakan
program kegiatan.
BAB IV
: Penutup
Mengemukakan pentingnya koordinasi
dan team work yang solid dan
semua pihak
terkait.
Lampiran
BAB II
PERENCANAAN KEGIATAN
A. STANDAR KOMPETENSI BIDANG
KESISWAAN
Standar
kompetensi : Bidang
Pembinaan Kesiswaan di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
Kompetensi Dasar : Memahami
perkembangan peserta didik
Indicator :
- Karakteristik perkembangan peserta didik
- Perkembangan fisik psikomotorik
- Perkembangan social emosional
- Perkembangan intelektual, bakat dan minat
- Perkembangan kreativitas
Adanya pembinaan yang memfasilitasi perkembangan
peserta didik dalam hal :
- Tahap-tahap perkembangan peserta didik
- Pemahaman gejala perubahan fisik dan psikomotorik
- Kehidupan social emosional berkelompok (per group)
- Prestasi akademik dan nonakademik
- Organilitas dan fleksibelitas,pembaharuan
Memahami ruang lingkup pembinaan kesiswaanMemahami
lingkup pembinaan
- Ketaqwaan kepada tuhan YME
- Kepribadian dan budi pekerti
- Kepemimpinan
- Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
- Kualitas jasmmani dan kesehatan
- Seni budaya
- Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Lingkup pembinaan kesiswaan
- Terdapat pelaksanaan keagamaan, adanya toleransi kehhidupan beragama, terdapat kegiatan hari besar keagamaan, adanya kegiatan seni dan budaya yang bernafaskan keagamaan
- Terllaksananya tata tertib dan tatakrama dalam kehidupan soosial diMadrasah, sikap saling menghormati antar masyarakat Madrasah.
- Terlaksananya aktivitas OSIS kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
- Terlaksananya aktivitas osis, kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
- Adanya aktivitas Pramuka, kantin Madrasah, olah raga, pelestarian alam, tata tertib UKS (usaha kesehatan Sekolah)
- Adanya berbagai aktivitas seni budcaya
- Terlaksananya upacara bendera, peringatan hari-hari besar nasional, bhakti social, wisata alam, napak tilas, pelestarian alam, tata tertib
Mampu
merancang dan melaksanakan strategi
pembinaan kesiswaan
- Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler
- Menciptakan kegiatan kompetensi
- Terdapat rencana tertulis pelaksanaan pembinaan kesiswaan
Mampu
mengembangkan kegiatan pembinaan kesiswaan
- Mengembangkan jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan
- Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan Madrasah seperti :
- OSIS
- Pramuka
- Mading
- Kesenian Tradisional
- Olahraga
- Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif dan pelatihan
Mampu
merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Mampu merancang instrument evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Adanya instrument evaluasi proses dan hasil, baik dalam bentuk tes maupun non tes
Profesionalitas
pribadi Pembina kesiswaan
- Pribadi yang professional dan terintegrsi
Menunjukan karakteristik pribadi
yang:
- Jujur
- Tanggung jawa
- Komitmen
- Empati
- Simpati
- Humoris
- Inovatif
- Kreatif
- Teladan
- Resfek
- Mudah bergaul
- Disiplin
- Mampu membuat jejaring
Memahami
ruang lingkup pembinaan kesiswaan Memahami
lingkup pembinaan
- Ketaqwaan kepada tuhan YME
- Kepribadian dan budi pekerti
- Kepemimpinan
- Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
- Kualitas jasmmani dan kesehatan
- Seni budaya
- Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
- Ketaqwaan kepada tuhan YME
- Kepribadian dan budi pekerti
- Kepemimpinan
- Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
- Kualitas jasmmani dan kesehatan
- Seni budaya
- Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Mampu
Merancang dan melaksanaan strategi pembinaan kesiswaan
- Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
- Menciptakan kegiatan kompetensi
Mampu mengembanngkan
kegiatan pembinaan kesiswaan Mengembangkan
jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan
- Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan Madrasah
- Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan ekspose
Mampu
merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Mampu merancang instrument evaluasi kegiatan pembinaan ksiswaan
Profesionalitas
pribadi Pembina kesiswaanPribadi yang professional dan terintegrasi
- Ciri-ciri pribadi : (jujur, tanggung jawab,komitmen, empati, humoris, inovatif, kreatif, teladan,, respek, mudah bergaul, disiplin)
- Berpengalaman dan mampu membuat jejaring
B. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN
1. kegiatan Utama
- Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam ranngka menegakan disiplin dan tata tertib Madrasah.
- Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).
- Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
- Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
- Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
- Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili Madrasah dalam kegiatan diluar Madrasah.
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
- Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus OSIS
- Mengghadiri rapat pertanggungjawaban pengurus OSIS lama.
- Melaksanakan pemilihan Pengurus OSIS
2. Kegiatan Lainnya
- Menentukan bidang kegiatan
- Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakulikuler
- Memberikkan SK Kepsek untuk Pembina OSIS, Pembina EkSKul, Koordinator dan Para pelatih
- Menghaadiri rapat-rapat pengurus OSIS, memberikan SK kepsek dalam pembentukan dan pembubbaran kepanitiaan kegiatan.
- Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
- Penataan lingkungan melalui 5K
- Evaluasi seluruh kegiatan
C. PENDISTRIBUSIAN RINCIAN KEGIATAN
1. Kegiatan Awal Tahun
- Menyusun program kerjaOSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
- Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
- Bersama wakil kepala bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembiina upacara.
- Mendata jadwal petugas piket OSIS
- Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
- Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
- Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindnga dan kekeluargaan.
- Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat.
- Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator kesiswaann.
- Registrasi dan pencatatan anggota masing0masing eSKul
- Melaksanakan uji kelayakan pengurus OSIS
- Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
- Pempublikasian 5K pengurus OSIS
- Pempublikasian jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerim beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
- Pendataan biodata siswa diklsifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2. Kegiatan Harian
- Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada diMadrasah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
- Mengamatti dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem.
- Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
- Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban Madrasah
- Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala Madrasah
- Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran Madrasah atas persetujuan pimpinan.
- Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
- Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan siswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala Madrasah
- Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
3. Kegiatan Mingguan
- Mengawasi,mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
- Melaksanakan Sholat Jum’at setiap hari Jum’at
- Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib Madrasah dan melaksanakan 5K.
4. Kegiatan Bulanan
- Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
- Menyiapkan, menyusun dan member 5K kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditandatangani kepala Madrasah
- Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina lainnya
- Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
5. Kegiatan Semester I
- MOS
- Upacara Bendera
- Mengadakan clasmeeting
- LCC
- Melukis dan kaligrafi
- Bola voli
- Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
- Madding
- Pemilihan OSIS
- Pesantren kilat
- Kegiatan semester II
- Karyawisata
- Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
- Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
- Mengadakan razia
- Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib, Bola voli,sepak bola, khotbah, MTQ, kaligrafi
- Upacara pengibaran bendera
- Peringatan PHBI
7. Kegiatan Akhir Tahun
- Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
- Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos
- Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
- Melaksanakan PSB dan MOS
- Laporan evaluasi Program
D. RINCIAN RENCANA KERJA BIDANG KESISWAAN
No
|
Bidang
studi dan strategi kegiatan
|
Indikator keberhasilan
|
Langkah untuk mencapai
keberhasilan
|
Penanggung jawab
|
Waktu pelaksanaan
|
Sumber Dana
|
Ket
|
1.
|
Menerima
siswa baru tahun ajaran 2016-2017 agar terisi siswa kelas VII
|
Diterima
siswa baru kelas 5 sebanyak 200 siswa
|
1.
mempelajari
juknis psb
2.
membentuk
panitia psb
3.
menerima
pendaftaran siswa baru
|
Kepala Madrasah
|
Juli 2016
|
BOS
|
Persiswa
|
2
|
Merencanakan
pelaksanaan MOS agar siswa mempunyai kesan yang baik terhadap Madrasah
|
Terlaksananya
MOS bagi siswa kelas 7
|
1.
mempelajari
petunjuk pelaksanaan MOS
2.
menyusun
panitia, serta program kegiatan MOS
3. Melaksanaan MOS
|
Bidang Kesiswaan
|
Juli 2016
|
BOS
|
-
|
3
|
Merencanakan
formasi kelas agar distribuusi siswa merata
|
Tersusunnya
formasi kelas untuk tiap angkatan
|
1.
menghitung
jumlah siswa laki-laki/perempuan
2.
menentukan
jumlah rombongan tiap angkatan
3.
menentukan
kritteria penyebaran siswa
di kelas
4.
membuata
daftar nama siswa di kelas
|
BK dan Kesiswaan
|
Juli 2016
|
BOS
|
-
|
4
|
Mengisi
buku induk siswa dan buku klaper agar semua siswa tercantum pada buku induk
|
Telah
masuknya siswa kedalam buku induk
|
1. memberi nomer induk pada setiap siswa
2. memasukan data-data siswa kedalam buku induk atau
buku klaper
3. memasukan setiap nilai raport siswa kedalam buku
induk
|
Petugas buku induk
|
Setiap saat
|
BOS
|
-
|
5
|
Mencatat
mutasi siwa agar dapat diketahui keluar masuknya siswa
|
Tertibnya
buku mutasi siswa baik siswa yang masuk maupun yang keluar
|
1. mencatat jumlah siswa yang ada pada buku mutasi
2. menambah jumlah siswa jika ada mutasi masuk
3. mmengurangi jumlah siswa jika ada siswa yang keluar
|
TU
|
Waktu ada mutasi/ setiap bulan
|
BOS
|
-
|
6
|
Memantapkan
wawasan wiyata mandala agar warga Madrasah fungsi Madrasah sebagai pusat
pendidikan
|
Seluruh
warga mengerti bahwa seluruh warga sebagi pusat pendidikan bukan untuk
kegiatan yang lain
|
1. melalui MOS diberikan wawasan wiyata mandala
2. melalui upacara bendera
|
Kepala Madrasah
|
MOS-Upacara
|
BOS
|
-
|
7
|
Mengembangkan
UKS agar warga Madrasah selalu dalam keadaan sehat
|
Berfungsinya
UKS untuk melayani siswa tau warga Madrasah
|
1. menyediakan tempat untuk menampung
2. siswa yang sakit
3. menyediakan obat-obatan ringan
4. mencatat semua kejadian yang berhubungan dengan kesehatan
siswa
|
Pembina OSIS
|
Setiap hari
|
Untuk sementara UKS masih digabung dengan PMR
|
|
8
|
Mengelola
OSIS agar siswa berlatih berorganisasi diMadrasah
|
Terbentuknya
penguruus OSIS diMadrasah
|
1.
memilih
calon pengurus OSIS
2.
menetapkkan
dengan SK kepengurusan
OSIS untuk periode 1 tahun
3.
mengadakan
pembinaan untuk pengurus OSIS
|
Pembina OSIS
|
BOS
|
-
|
|
9
|
Mengelola
daftar hadir siswa agar tertib dan disiplin hadir diMadrasah
|
Siswa
hadir diMadrasah tepat waktu
|
1. menyiapkan blanko daftar hadir siswa
2. mengisi daftar hadir siswa setiap hari
3. membuat rekap siswa yang absent
|
Wakasek
|
Setiap hari
|
BOS
|
-
|
10
|
Merencanakan
upacara bendera diMadrasah
|
Terselenggaranya
upacara setiap hari senin dan hari-hari besar nasional
|
1. menyiapkan kelengkapan alat upacara
2. melatih petugas upacara secara bergiliran tiap-tiap
kelas
3. menyiapkan jadwal upacara beserta petugas dan
pembina
4. melaksanakan upacara rutin maupun upacara nasional
sesuai jadwal
|
Pembina OSIS
|
Hari senin & hari besar Nasional
|
BOS
|
-
|
11
|
Membentuk
koprasi siswa agar siswa berlatih berkoprasi diMadrasah
|
Berdirinya
koperasi siswa diMadrasah
|
1.
menyiapkan
tempat untuk koperasi Madrasah
2.
memilih
pengurus koperasi dari siswa
3.
membina
pengurus koperasi
|
Pembina OSIS
|
-
|
BOS
|
Belum tersedianya modal usaha
|
12
|
Mengembangkan
kreatifitas agar siswa berkembang sesuai dengan minat dan bakat
|
Telah
berjalannya 4 macam kegiatan ekstrakulikuler
|
1. Madrasah menyediakan kegiatan eskul yang sesuai
dengan minat siswa
2. membuat presensi dan mendata siswa untuk setiap
kegiatan
3. melaksanakan kegiatan sesuai dengan pilihan siswa
|
Kesiswaan
|
Juli 2016
|
BOS
|
Rincian biaya ada pada RAPB
kesiswaan
|
E. STRATEGI PELAKSANAAN
Sesuai dengan tujuan dan
karakteristik materi program pembinaan kesiswaan tersebut diatas, maka strategi
yang digunakan meliputi pelatihan (terintegrasi dan distrik), loka karya, kunjungan Madrasah (school visit), dan perlombaan/pertandingan
(bersifat kompetisi). Penggunaan jenis strategi untuk program tertentu : dan
atau beberapa strategi dikombinnasikan dalam dalam pelaksanaan satu atau
beberapa program, yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pelaksanaan.
Disamping itu, dasar pertimbangan
penggunaan suatu strategi mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
- Kelusan materi dan sarana program sarjana;
- Waktu dan tempat penyelenggaraan;
- Tenaga pelaksanaan, dan
- Dana yang tersedia.
Strategi pelatihan terintegrasi
berbasis kompetesi digunakan dalam program pembinaaan kesiswaan yang melibatkan
sarana guru atau tenaga pendidikan,dan pelaksanaan pelatihan itu merupakan
bagian dari program pelatihan lainnya (program Induk) yang serumpun. Dalam hal
ini, baik biaya, tenaga pelatihan, maupun bahan atau materi pelatihan program
pembinaan kesisw aan merupakan bagian dari program induk.
Strategi pelatihan (districk
training) merupakan bentuk pengembangan kapasitas aparat pendidikan tingkat
profinsi,kabupaten-kota, dan atau Madrasah yangdiselanggarakan ditingkat
profinsi tgentang program pembinaan kesiswaan tertentu atau program yang
serumpun. Tentu saja,biaya, tenaga pelatihan, dan bahan atau materi pelatihan
berasal berasal dari pusat,sedangkan tempat/lokasi pelatiahan dikoordinasikan
dengan pihak provinsi.
Strategi lokakarya (workshop)
digunakan dalam rangka menghasilkan sesuatu, baik berupa rumusan acuan, rencana
kegiatan,pengembangan tekhnik satu instrument, maupun kesamaan
persepsi,wawasan, dan komitmen untuk kepentingan pelaksanaan program yang
terlingkup dalam bidang pembinaan kesiswaan. Lokakarya dapat
diselenggarakan secara nasional atau ditingkat pusat;dan dapat pula dibagi
menjadi bebrapa region penyelenggaraan.
Kunjungan Madrasah
(school visit) merupakan strategi yang digunakan dalam bentuk kegiatan
pemantauan (Monitoring), penilain (evaluasi), pengamatan (observasi),studi
kasus, dan atau konsultasi klinis-pengembangan, baik tentangg persiapan,
pelaksanaan, maupun hasil suatu program pembinaan kesiswaan. Strategi kunjungan
Madrasah dilaksanakan terutama untuk mempersempit kesenjangan antara kebijakan
yang dihasilkan ditingkat pusat dengan elaksanaan suatu program pembinaan
kesiswaan ditingkat Madrasah sasaran.
Perlombaan merupkan strategi
pelaksanaan program pembinaan kesiswaan yang bersiffat kompetitif, melibatkan
siswa atau Madrasah peserta secara langsung dalam suatu event atau kegiatan,
baik yang bersifat internasional maupun nasional. Strategi perlombaan
dapat dilaksanakan sebagai kegiatan tunggal (bukan kegiatan yang
dilksanakn secara bertahap dari tingkat bawah); dapat pula (lazimnya) dilakukan
secara bertahap dari tingkat Madrasah, kecamatan, Kabupaten/kota, provinsi,
Hingga tingkat nasional ataupun internasional.
BAB III
|
|||
RENCANA ANGGARAN KEGIATAN KESISWAAN
|
|||
MASA BHAKTI 2016 / 2017
|
|||
No
|
Jenis kegiatan
|
Biaya
|
|
1.
|
Penerimaan Siswa Baru
|
7.000.000
|
|
2.
|
Masa Orientasi Siswa
|
700.000
|
|
3.
|
Pengelolaan Majalah Dinding
|
500.000
|
|
4.
|
Kegiatan di luar Madrasah ( Olimpiade, olah raga,
kesenian)
|
3.000.000
|
|
5.
|
Kegiatan rutin OSIS
|
2.000.000
|
|
6.
|
Kegiatan rutin Pramuka
|
1.000.000
|
|
7.
|
Pengadaan alat – alat penunjang kegiatan siswa :
|
||
Bendera Pramuka
|
100.000
|
||
Bendera OSIS
|
100.000
|
||
10
|
Pengadaan obat – obat ringan untuk 1 tahun :
|
4.000.000
|
|
Jumlah
|
18.400.000
|
||
BAB IV
PENUTUP
- KESIMPULAN
Semua
kegiatan dilaksanakan,baik langsung oleh Madrasah maupun oleh siswa
yang berkaitan dengan pengembangan keperibaian selalu terencana dengan baik dan
matang,dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana
anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan
agenda Madrasah dan selalu dipantau oleh kepala Madrasah melalui wakasek
kesiswaan.
Peran serta
yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya
keperibadaian siswa yang menuju kearah positif.
- SARAN-SARAN
Sebaiknya
apapun kegiatan itu terencana dan terlaksana, maka penulisan laporan
pertanggung jawaban harus dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi dan bahan
rekomendasi untuk kegiatan-kegiatan berikutnya. Harapan utamanya adalah kegiatan
yang sudah terlaksana akan menjadi cermin atau gambaran,sehingga kegiatan
berikutnya akan terlaksana dengan sukses.
Lampiran
SUSUNAN PENGURUS KESISWAAN
MTS. ASY-SYAFI’IYAH KARANGASEM
MASA BHAKTI 2016 / 2017
Penanggung Jawab
: Kepala Madrasah MTs. Asy-Syafi’iyah
Waka Kesiswaan
: M. Jazri S.Pd.I
Pembina Pramuka
: Kasmuri S.Pd
Roibah S.Pd
Pembina UKS
: Lutfiah S.Ag
Pembina
Keagamaan
: Ibnu Amrin S.Pd.I
Pembina Olah
Raga
: Suhadi S.Pd
Pembina
Kesenian
: Drs. Munawar
Pembina Klub Bidang Study
: Guru Bidang study
PROGRAM KESISWAAN
MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
I. Masa Orientasi Siswa (MOS)
- Pengenalan terhadap siswa baru tentang sistem belajar, peraturan
dan lingkungan MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
- Awal tahun Ajaran Baru
- Jam 07.00 – 13.00
WIB
- Penanggung. Jawab: Pembina OSIS
II. Keagamaan
Tadarus Al-Qur’an
Menanamkan
secara dini kepada Siswa pengamalan ayat Alqur’an sebelum memulai pelajaran.
Setiap Hari Efektif
Setiap Hari Efektif
Ibadah
Sholat Dhuha
Menanamkan
kepada siswa kegemaran menjalankan ibadah sunnah
dan sholat Dhuha Jam : (10.00-10.45)
WIB
Sholat Dzuhur Berjama’ah
Menanamkan
sikap disiplin, dan tertib beribadah kepada setiap siswa sejak dini
Dzuhur ( 12.00-12.15)
Penanggung .Jawab : Guru Imam Laki-laki
Dzuhur ( 12.00-12.15)
Penanggung .Jawab : Guru Imam Laki-laki
Sholat Jum’at
Sholat
Jum’at (12.00-13.00)
Peringatan Hari Besar Islam
Pesantren
Ramadhan
waktu : mengikuti jadwal penanggalan bulan ramadhan
Tujuan: Pendalaman ajaran agama Islam Kepada setiap Siswa secara Intensif
Penanggung jawab : Pembina OSIS
Idhul Qurban 1429 H
waktu : Hari raya idul adha
Tujuan :Menumbuhkan sikap rela berkurban
Penanggung jawab : Pembina OSIS
waktu : mengikuti jadwal penanggalan bulan ramadhan
Tujuan: Pendalaman ajaran agama Islam Kepada setiap Siswa secara Intensif
Penanggung jawab : Pembina OSIS
Idhul Qurban 1429 H
waktu : Hari raya idul adha
Tujuan :Menumbuhkan sikap rela berkurban
Penanggung jawab : Pembina OSIS
Tahun Baru
Hijriah 1430 H ( Pekan / Gebyar Muharram )
Waktu : mengikuti penanggalan 1 Muharram
Tujuan :Menanamkan rasa bangga terhadap Agama Islam melalui lomba yang bersifat keislaman
Penanggung jawab :Pembina OSIS
Maulid nabi Muhammad SAW
Waktu : Bulan Maulud
Tujuan : Menumbuhkan sikap cinta terhadap Nabi Muhammad dan Ajarannya (Ceramah agama)
Penanggung jawab : Pembina OSIS
Waktu : mengikuti penanggalan 1 Muharram
Tujuan :Menanamkan rasa bangga terhadap Agama Islam melalui lomba yang bersifat keislaman
Penanggung jawab :Pembina OSIS
Maulid nabi Muhammad SAW
Waktu : Bulan Maulud
Tujuan : Menumbuhkan sikap cinta terhadap Nabi Muhammad dan Ajarannya (Ceramah agama)
Penanggung jawab : Pembina OSIS
III. Kedisiplinan
Penerapan Buku Pelanggaran Siswa
Menanamkan
sikap disiplin terhadap peraturan yang berlaku kepada setiap siswa Setiap hari
Efektif
Penganggung jawab : Guru Piket dan Wali Kelas
Penganggung jawab : Guru Piket dan Wali Kelas
Upacara Bendera
Menumbuhkan
sikap cinta tanah air kepada setiap siswa
Hari Senin pekan Pertama setiap bulan
Penganggung jawab :Pembina OSIS
Hari Senin pekan Pertama setiap bulan
Penganggung jawab :Pembina OSIS
Upacara Hari Besar Nasional
waktu
: Tgl 17 Agustus
Penganggung jawab : Pembina OSIS
Penganggung jawab : Pembina OSIS
Razia Kelas
(Inspeksi
Mendadak)
Dilakukan dengan koordinasi Kepala Madrasah dan Guru
Dilakukan dengan koordinasi Kepala Madrasah dan Guru
IV. Bina Kemandirian
Study Tour
Menerapkan / Mengaplikasikan ilmu yang di dapat di kelas dengan fenomena yang terjadi di alam.
Waktu : Akhir Tahun pelajaran
Tempat : Konfirmasi
Penganggung jawab : Koordinasi OSIS dan Madrasah
Rihlah Ilmiah Cikal Harapan ( RICH )
Menumbuhkan sikap kemandirian siswa kelas VII dengan pelatihan OUTBOUND dan diskusi di alam terbuka
Tempat :Konfirmasi
Penganggung jawab : Pembina OSIS
Konsolidasi Kelas IX
Syukuran dan silaturrahmi setelah ujian Nasional
Waktu : Menyesuaikan
Tempat : Konfirmasi
Penganggung jawab :Pembina OSIS
V. Ekstra Kurrikuler
Kegiatan
yang menyalurkan bakat dan kreativitas siswa di bidang sosial, Kesenian,
Organisasi dan Keilmuan
1. Pramuka
- Pelaksanaan : Setiap Hari Jum'at Pukul 14.00 s/d seleai
- Penanggung jawab : Pembina Pramuka
.
2. Olah raga dan Seni
- Karate
- Volly Ball
- Tenis Meja
- Foot Ball
- Seni Baca Al Quran
Penanggung Jawab : Pembina
1. Pramuka
- Pelaksanaan : Setiap Hari Jum'at Pukul 14.00 s/d seleai
- Penanggung jawab : Pembina Pramuka
.
2. Olah raga dan Seni
- Karate
- Volly Ball
- Tenis Meja
- Foot Ball
- Seni Baca Al Quran
Penanggung Jawab : Pembina
3. Intra Kurrikuler
Kegiatan
penunjang bakat dan kemampuan siswa yang dikelola dan diselenggarakan oleh
pihak Madrasah dibawah koordinasi OSIS
Disesuaikan dengan jadwal latihan masing-masing unit ( masih dalam perencanaan )
Disesuaikan dengan jadwal latihan masing-masing unit ( masih dalam perencanaan )
VI. Organisasi Kesiswaan
a. Konsolidasi OSIS
Pemantauan terhadap sistem dan cara kerja pengurus OSIS
Berkala, minggu pertama setiap awal bulan
b. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa
Memperkenalkan kepada siswa tentang sistem, bentuk dan struktur kerja organisasi Kesiswaan
c. Pemilihan Ketua OSIS
Regenerasi dan kepengurusan OSIS
d. DIKLAT OSIS
Pendidikan dan latihan Keorganisasian terhadap pengurus OSIS terpilih
Tempat : konfirmasi
Penganggung jawab : Wakasek Kesiswaan
VII. Class Meeting
- Tujuan : Penyaluran bakat dan kemampuan siswa di bidang Olah Raga dan
seni
- Waktu : Setelah Evaluasi Hasil Belajar Semester Gasal
- Penganggung jawab : Pembina OSIS
- Waktu : Setelah Evaluasi Hasil Belajar Semester Gasal
- Penganggung jawab : Pembina OSIS
VIII. Pagelaran Akhir Tahun
Tujuan
: Refleksi dari rasa Syukur setelah menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar oleh
segenap guru dan siswa selama satu tahun
Tempat : MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
Penganggung jawab :Pembina OSIS
Tempat : MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
Penganggung jawab :Pembina OSIS
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
Semester Gasal
|
Semester Genap
|
Ket
|
|||||||||||
Juli
|
Agus
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
Jan
|
Peb
|
Mrt
|
Apr
|
Mei
|
Juni
|
||||
1
|
Kegiatan
Siswa Baru
|
1.1
Peneriamaan Siswa Baru
|
x
|
||||||||||||
1.2 Masa
Orientasi Siswa (MOS) siswa baru
|
x
|
||||||||||||||
2.
|
Kegiatan Siswa
Harian
|
1.1 Tadarus Al-Qur’an setiap Pagi
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
1.2. Istighosah Sebelum KBM
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.3 Sholat Dhuha
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.4 Sholat Dhuhur berjama’ah
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
3.
|
Kegiatan siswa
Mingguan
|
1.1 Upacara Bendera
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
1.2 Pembinaan Wali Kelas
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.3 Infaq
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.4 sholat Jum’at
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.5 Extra Pramuka
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.6 Ekstra Drumband
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.7 Ekstra Pencak Silat
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
4.
|
Kegiatan Siswa
Bulanan
|
1.1 lomba Antar kelas
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
1.2 Class Meetting
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
1.3 Baksos / Bersih2
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
5.
|
Kegiatan Siswa
Tahunan
|
1.1 Istighosah bersama
|
|||||||||||||
1.2 Tour Religi
|
|||||||||||||||
1.3 Perpisahan kelas IX
|
|||||||||||||||
6.
|
PHBN
|
2.1
Peringantan HUT Kemerdekaan RI
|
x
|
||||||||||||
2.2
Peringantan Hari Kartini
|
x
|
||||||||||||||
2.3 Peringatan Sumpah pemuda
|
|||||||||||||||
2.4 Peringatan Hari Pahlawan
|
|||||||||||||||
7.
|
PHBI
|
3.1
Peringatan Tahun Baru Islam
|
x
|
||||||||||||
3.2
Peringatan Isra' Mi'raj
|
x
|
||||||||||||||
3.3
Peringatan Maulidun Nabi
|
x
|
||||||||||||||
3.4
Peringatan Nuzulul Qur'an
|
x
|
||||||||||||||
8.
|
Kesiswaan
|
4.1
Reformasi Pengurus OSIS
|
x
|
||||||||||||
4.2
Pembuatan KTA siswa kelas VII
|
x
|
||||||||||||||
4.3
Monitoring Kegiatan EXTRA Kurikuler
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
||||
4.4 Perpisahan
siswa kelas 9
|
x
|
||||||||||||||
4.5
Pengadaan Atribut Madrasah
|
x
|
||||||||||||||
4.6. Pengadaan buku kenangan
|
x
|
||||||||||||||
4.7. Pengadaan
pesantern kilat
|
x
|
||||||||||||||
4.8. Pengadaan
almamater pengurus OSIS
|
x
|
||||||||||||||
4.9. Razia HP,
Sabuk, Aksesoris
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|||
Komentar
Posting Komentar