Program Kesiswaan


LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Program kerja kesiswaan ini telah disetujui dan disahkan
Oleh kepala MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
Pada Tanggal,            Juli  2016


                                                                                                           Karangasem,     Juli   2016

Kepala  MTs. Asy-Syafi’iyah                                                          Waka Kesiswaan


KASORI S.Ag                                                                                   M.  JAZRI S.Pd.I

















KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
 Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan tahun pelajaran 2016/2017.
Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
  1. Instruksi tertulis / Edaran kepala Madrasah tentang tugas pokok wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan.
  2. Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
  3. Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan.
  4. Pengurus OSIS dan siswa/MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem.
  5. Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
  6. Pengurus komite Madrasah.
Didasari keberadaan siswa di Madrasah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan non akademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan Pembina OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan Madrasah semakin maju dan Madrasah sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat member nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan Public keMadrasah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem Kabupaten Tegal
Menyadari kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya program kerja wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan di masa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem dengan visi dan misi Madrasah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja Madrasah, amin;
Karangsem,  Juli 2016

Waka Kesiswaan
















BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian  yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan Madrasah maupun pembinaan kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di Madrasah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun ekstrakulikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik diMadrasah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan kreativitasnya.
MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem merupakan lembaga pendidikan  yang berada dibawah naungan Departemen Pendidikan yang merupakan pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala Madrasah, fungsi kepala Madrasah diantaranya sebagai Pimpinan Administrative dan Supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditangani sendiri. Maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala Madrasah.
Di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem terdapat 5 wakil kepala Madrasah yaitu : Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan, Wakil Humas dan Wakil Sarana Prasarana. Tiap2 wakil memilliki tugas dan perannya masin – masing sebagai perpanjangan tangan kepala Madrasah.
Tugas wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan adalah :
  1. Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannya kepada kepala Madrasah untuk mendapatkan pengesahannya.
  2. Merencanakan dan melaksanaan penerimaan siswa baru.
  3. Bersama wakil kepala bidang kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada kepala Madrasah.
  4. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan MOS bagi siswa kelas VII.
  5. Mengatur tatatertib siswa dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.
  6. Mengatur seluruh aktivitas siswa baik didalam Madrasah.
  7. Mengorganisir pelaksanaan karya wisata.
Walaupun diMadrasah – Madrasah telah ada wakil kepala Madrasah urusan kesiswaan, akan tetapi sifatnya kordinatif dan administrative. Ia bertugas mewakili kepala Madrasah dalam hal memadukan rencana serta mengkordinasikan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan sebagai bagian yang terpadu dari keseluruhan program pendidikakn diMadrasah.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan diMadrasah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab  atas terselenggarannya proses tersebut diMadrasah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya mempasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal. dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan kesiswaan diMadrasah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap guru sebagai penedidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang pembinaan kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan indicator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan indicator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum dalam program pendidikan diMadrasah, maupun secara khusus terpadu dalam program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan guru pembimbing.
B.     MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkkan visi dan misi MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem yang tertuang dalam program strategi Madrasah, program kerja kepala Madrasah serta mewadahi suara siswa  aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS)
2.      Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.’
Adapun secara khusus, pembinaan kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik (siswa) melalui penyelenggaraan program bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan, agar peserta didik dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk kegiatannya antara lain :
  • Pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan ajaran agama.
  • Kegiatan-kegiatan keagamaan,
  • Peringatan hari-hari besar keagamaan,
  • Perbuatan amaliyah
  • Kegiatan seni bernafaskan keagamaan, dan
  • Lomba yang bersifat keagamaan.
  1. Keperibadian yang utuh dan budi pekerti yang luhur
Kegiatannya dapat dalam bentuk pelaksanaan :
  • Tata tertib Madrasah
  • Tata-krama dalam kehidupan Madrasah, dan
  • Sikap hormat terhadap guru, orang tua,sesama siswa, dan lingkungan masyarakat.
  1. Kepemimpinan
Kegiatan kepemimpinan antara lain
·         siswa dapat berperan aktif dalam OSIS
·         kelompok belajar
·          kelompok ilmiah
·         latihan dasar kepemimpinan
·         forum diskusi, dan sebagainnya.
  1. Kreativitas, Keterampilan, dan kewirausahaan.
Dalam hal ini bentuk kegiatannya, antara lain :
  • Keterampilan menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
  • Kerajinan dan keterampilan tangan
  • Keterampilan baca tulis.
  1. Kualitas jasmani dan kesehatan
Kegiatannya dapat dalam bentuk :
·         berperilaku hidup sehat dilingkungan Madrasah, rumah, dan masyarakat
·         Usaha Kesehatan Madrasah (UKS)
·         Kantin Madrasah
·         kesehatan mental
·         Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
·         pencegahan penularan HIV/AIDS
·         Olah raga
·         pembiasaan 5K yakni :
keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan
·         peningkatan kemampuan psikososial untuk mengatasi berbagai tantangan hidup.

5.      Seni – Budaya
Kegiatannya dapat dalam bentuk :
  • Wawasan keterampilan siswa dibidang seni suara, sastra, dan pertunjukan
  • Penyelanggaraan sanggar seni
  • Pementasan/pameran berbagai cabang seni, dan
  • Pengenalan dan  apresiasi seni-budaya bangsa.
  1. Pendidikan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Bentuk kegiatannya antara lain :
  • Upacara bendera
  • Bhakti social/masyarakat
  • Baris berbaris
  • Peringatan Hari Besar Bersejarah Bangsa
  • Wisata siswa (alam dan tempat bersejarah)
  • Pelestarian lingkungan.
Berdasarkan surat keputusan dirjen Dikdasmen No. 226/C/Kep/O/1993 disebutkan bahwa satu-satunya organisasi yang diakui keberadaannya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang mempunyai pengertian :
  1. Organisasi : kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapapai tujuan bersama
  2. Siswa : Peserta didik pada jenjang  pendidikan dasar dan menengah
  3. Intra : terletak didalam atau diantara
  4. Madrasah : Satuan pendidikan tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
Ini berarti OSIS adalah ;
“siswa-siswa yang memiliki tujuan yang sama yang berada pada suatu Madrasah, pendiriannya melalui mekanisme aturan yang berlaku, memiliki anggaran dasar (AD), memiliki anggaran rumah tangga (ART), memilki program yang jelas yang dapat dipertanggung jawabkan dan berkesinambungan.
Menyadari arti keberadaan OSIS, khususnya di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem perencanaan program bertujuan :
  1. Menghimpun dan mewadahi berbagai aspirasi baik lisan maupun tulisan berbagai tingkat siswa di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem dalam suatu organisasi kesiswaan dengan OSIS.
  2. Membantu dan mewadahi ide pemikiran, bakat dan minat serta kreativitas melalui berbagai kegiatan yang dikomandoi oleh ketua OSIS dibawah bimbingan Pembina OSIS
  3. Mendorong sifat jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan kekeluargaan dan persahabatan antara siswa di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem dan dengan siswa atau individu lain diluar Madrasah
  4. Menumbuh-kembangkan rasa kebangsaan siswa terhadap Madrasah guna mendukung pelayanan Madrasah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar berjenjang dan berkelanjutan.
  5. Terbinannya rasa hormat menghormati, bekerjasama demokratis dan transparan dan disiplin serta siswa bermoral dan berakhlak yang baik dan berkompetensi diri yang handal.
  6. Melalui pembinaan kecakapan hidup (life skill) siswa diarahkan dan disiapkan dibekali berbagai kemampuan keterampilan untuk dapat hidup dimasyarakat kelak yang dapat dihormati dibanggakan warga dilingkungannya.
Materi program pembinaan kesiswaan dikembangkan dari enam kompetensi standar yang harus dikuasai oleh guru Pembina kesiswaan. Dalam penerapannya, para guru diharapkan berangkat dari pengkajian secara seksama terhadap setiap kompetensi,  subkompetensi, dan indikator-indikator tersebut. Selanjutnya dipertimbangkan kesesuaiannya dengan bidang masing-masing dan atau bidang kegiatan bakat, minat, kreativitas siswa. Pada giliran berikutnya, para guru dapat menuangkan hasil pengkajjian itu kedalam rancangan  program pembinaan kesiswaan yang terpadu dalam keseluruhan program penndidikan diMadrasah.
Matrik berikut menunjukkan keterkaitan antara kompetensi dengan materi bidang pembinaan kesiswaan. Dengan mencermati matrik yang dimaksud, para guru diharapkan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang kompetensi dan materi bidang pembinaan kesiswaaan. Dari gambaran yang jelas, selanjutnya para guru dapat merancang, melaksanakan, dan menilai program pembinaan kesiswaan secara komprehensif.
C. PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN
  1. Prinsip pelaksanaan
Ing ngarso sungtulodo
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai pola aturan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya.
 Ing Madyo Mangunkarso
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada orang yang dipimpinnya.
Tutwuri Handayani
Mengandung arti seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani bejalan didepan dan sanggup bertanggung jawab.
  1. Asas-asas pelaksanaan
  • Kekeluargaan dan kegotong-royongan
  • Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan
  • Kebersamaan
  • Selaras serasi dan seimbang
D. SASARAN
  1. Turut serta mewujudkan wawasan wiyata mandala serta visi dan misi Madrasah
  2. Membina dan meningkatkan serta lebih memantapkan kepemimppinan pengurus dan anggota OSIS,sehingga melahirkan kepemimpinan OSIS yang berwibawa melalui jalur
·         Organisasi kesiswaan
·         Latihan Kepemimpinan
·         Kegiatan Ekstrakulikuler
·         Kegiatan Wawasan wiyata mandala
  1. Terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya  organisasi siswa intra Madrasah dalam usaha mewadahi aspirasi seluruh siswa membina, melatih dan mengembangkan bakat dan minat siswa baik didalam maupun diluar Madrasah yang berimplikasi memberi dorongan serta motivasi pada proses belajar mengajar siswa diMadrasah.
  2. terciptannya segala keberhasilan diberbagai event perlombaan siswa diMadrasah, diluar Madrasah baik ditingkat kecamatan cikembar, kabupaten dan profinsi.
E.  DASAR HUKUM
Dasar hukum penyelenggaraan pembinaan kesiswaan :
1)     Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajarran, dan pasal 12 ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
2)    Peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3)    Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan / atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4)    Dasar standarisasi profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral pendidikan tinggi tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling  diMadrasah dan diluar Madrasah.
F.     SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I       :     Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang maksud dan tujuan serta dasar hukum Pelaksanaan
BAB II      :     Perencanaan Kegiatan
Mengungkapkan garis-garis besar program kegiatan kesiswaan dan distribusi rincian jadwal kegiatan yang direncanakan.
BAB III    :     Perencanaan Anggaran Kegiatan
Mengemukakan kemungkinan anggaran yang diperlukan guna dapat melaksanakan program kegiatan.
BAB IV    :     Penutup
Mengemukakan pentingnya koordinasi dan team work yang solid dan
semua pihak terkait.
Lampiran
BAB II
PERENCANAAN KEGIATAN
A.    STANDAR KOMPETENSI BIDANG KESISWAAN
Standar kompetensi  : Bidang Pembinaan  Kesiswaan di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
Kompetensi Dasar    : Memahami perkembangan peserta didik
Indicator                  :
  • Karakteristik perkembangan peserta didik
  • Perkembangan fisik psikomotorik
  • Perkembangan social emosional
  • Perkembangan intelektual, bakat dan minat
  • Perkembangan kreativitas
Adanya pembinaan yang memfasilitasi perkembangan peserta didik dalam hal :
  • Tahap-tahap perkembangan peserta didik
  • Pemahaman  gejala perubahan fisik dan psikomotorik
  • Kehidupan social emosional berkelompok (per group)
  • Prestasi akademik dan nonakademik
  • Organilitas dan fleksibelitas,pembaharuan
Memahami ruang lingkup pembinaan kesiswaanMemahami lingkup pembinaan
  • Ketaqwaan kepada tuhan YME
  • Kepribadian dan budi pekerti
  • Kepemimpinan
  • Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
  • Kualitas jasmmani dan kesehatan
  • Seni budaya
  • Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Lingkup pembinaan kesiswaan
  • Terdapat pelaksanaan keagamaan, adanya  toleransi kehhidupan beragama, terdapat kegiatan hari besar keagamaan, adanya kegiatan seni dan budaya yang bernafaskan keagamaan
  • Terllaksananya tata tertib dan tatakrama dalam kehidupan soosial diMadrasah, sikap saling menghormati antar masyarakat Madrasah.
  • Terlaksananya aktivitas OSIS kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
  • Terlaksananya aktivitas osis, kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
  • Adanya aktivitas Pramuka, kantin Madrasah, olah raga,  pelestarian alam, tata tertib UKS (usaha  kesehatan Sekolah)
  • Adanya berbagai aktivitas seni budcaya
  • Terlaksananya upacara bendera, peringatan hari-hari besar nasional, bhakti social, wisata alam, napak tilas, pelestarian alam, tata tertib
Mampu merancang dan melaksanakan strategi pembinaan kesiswaan
  • Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler
  • Menciptakan kegiatan kompetensi
  • Terdapat rencana tertulis pelaksanaan pembinaan kesiswaan
Mampu mengembangkan kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Mengembangkan jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan Madrasah seperti :
  • OSIS
  • Pramuka
  • Mading
  • Kesenian Tradisional
  • Olahraga
  • Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif dan pelatihan
Mampu merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Mampu merancang instrument evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Adanya instrument evaluasi proses  dan hasil, baik dalam bentuk tes maupun non tes
Profesionalitas pribadi Pembina kesiswaan
  • Pribadi yang professional dan terintegrsi
Menunjukan karakteristik pribadi yang:
  • Jujur
  • Tanggung jawa
  • Komitmen
  • Empati
  • Simpati
  • Humoris
  • Inovatif
  • Kreatif
  • Teladan
  • Resfek
  • Mudah bergaul
  • Disiplin
  • Mampu membuat jejaring
Memahami ruang lingkup pembinaan kesiswaan Memahami lingkup pembinaan
  • Ketaqwaan kepada tuhan YME
  • Kepribadian dan budi pekerti
  • Kepemimpinan
  • Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
  • Kualitas jasmmani dan kesehatan
  • Seni budaya
  • Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
  • Ketaqwaan kepada tuhan YME
  • Kepribadian dan budi pekerti
  • Kepemimpinan
  • Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
  • Kualitas jasmmani dan kesehatan
  • Seni budaya
  • Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Mampu Merancang dan melaksanaan strategi pembinaan kesiswaan
  • Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
  • Menciptakan kegiatan kompetensi
Mampu mengembanngkan kegiatan pembinaan kesiswaan Mengembangkan jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan Madrasah
  • Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan  ekspose
Mampu merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Memahami konsep dasar & jenis  evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Mampu merancang instrument evaluasi kegiatan pembinaan ksiswaan
Profesionalitas pribadi Pembina kesiswaanPribadi yang professional dan terintegrasi
  • Ciri-ciri pribadi : (jujur, tanggung jawab,komitmen, empati, humoris, inovatif, kreatif, teladan,, respek, mudah bergaul, disiplin)
  • Berpengalaman dan mampu membuat  jejaring
 B. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN
1. kegiatan Utama
  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam ranngka menegakan disiplin dan tata tertib Madrasah.
  2. Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).
  3. Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
  4. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
  5. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
  6. Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili Madrasah dalam kegiatan diluar Madrasah.
  7. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
  8. Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus OSIS
  9. Mengghadiri rapat pertanggungjawaban  pengurus OSIS lama.
  10. Melaksanakan pemilihan Pengurus OSIS
2. Kegiatan Lainnya
  1. Menentukan bidang kegiatan
  2. Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakulikuler
  3. Memberikkan SK Kepsek untuk Pembina OSIS, Pembina EkSKul, Koordinator dan Para pelatih
  4. Menghaadiri rapat-rapat pengurus OSIS, memberikan SK kepsek dalam pembentukan dan pembubbaran kepanitiaan kegiatan.
  5. Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
  6. Penataan lingkungan melalui 5K
  7. Evaluasi seluruh kegiatan
C. PENDISTRIBUSIAN RINCIAN KEGIATAN
1. Kegiatan Awal Tahun
  1. Menyusun program kerjaOSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
  2. Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
  3. Bersama wakil kepala  bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembiina upacara.
  4. Mendata jadwal petugas piket OSIS
  5. Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
  6. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
  7. Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindnga dan kekeluargaan.
  8. Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat.
  9. Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator kesiswaann.
  10. Registrasi dan pencatatan anggota masing0masing eSKul
  11. Melaksanakan uji  kelayakan pengurus OSIS
  12. Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
  13. Pempublikasian 5K pengurus OSIS
  14. Pempublikasian jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerim beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
  15. Pendataan biodata siswa  diklsifikasikan  sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.


2. Kegiatan Harian
  1. Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada diMadrasah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
  2. Mengamatti dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem.
  3. Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
  4. Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban Madrasah
  5. Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala Madrasah
  6. Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran  Madrasah atas persetujuan pimpinan.
  7. Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
  8. Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan siswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala Madrasah
  9. Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
3. Kegiatan Mingguan
  1. Mengawasi,mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
  2. Melaksanakan Sholat Jum’at setiap hari Jum’at
  3. Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib Madrasah dan melaksanakan 5K.
4. Kegiatan Bulanan
  1. Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
  2. Menyiapkan, menyusun dan member 5K kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditandatangani kepala Madrasah
  3. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS  dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina lainnya
  4. Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.
  5. Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
5. Kegiatan Semester I
  1. MOS
  2. Upacara Bendera
  3. Mengadakan clasmeeting
  • LCC
  • Melukis dan kaligrafi
  • Bola voli
  1. Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
  2. Madding
  3. Pemilihan OSIS
  4. Pesantren kilat
  1. Kegiatan semester II
  1. Karyawisata
  2. Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
  3. Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
  4. Mengadakan razia
  5. Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib, Bola voli,sepak bola, khotbah, MTQ, kaligrafi
  6. Upacara pengibaran bendera
  7. Peringatan PHBI
7. Kegiatan Akhir Tahun
  1. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
  2. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos
  3. Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
  4. Melaksanakan PSB dan MOS
  5. Laporan evaluasi Program


D. RINCIAN RENCANA KERJA BIDANG KESISWAAN
No
Bidang studi dan strategi kegiatan
Indikator keberhasilan
Langkah untuk mencapai keberhasilan
Penanggung jawab
Waktu pelaksanaan
Sumber Dana
Ket
1.
Menerima siswa baru tahun ajaran 2016-2017  agar terisi siswa kelas VII
Diterima siswa baru kelas 5 sebanyak 200  siswa
1.    mempelajari juknis psb
2.    membentuk panitia psb
3.    menerima pendaftaran siswa baru
Kepala Madrasah
Juli 2016
BOS
Persiswa
2
Merencanakan pelaksanaan MOS agar siswa mempunyai kesan yang baik terhadap Madrasah
Terlaksananya MOS bagi siswa kelas 7
1.    mempelajari petunjuk pelaksanaan MOS
2.    menyusun panitia, serta program kegiatan MOS
3. Melaksanaan MOS
Bidang Kesiswaan
Juli 2016
BOS
-
3
Merencanakan formasi kelas agar distribuusi siswa merata
Tersusunnya formasi kelas untuk tiap angkatan
1.   menghitung jumlah siswa laki-laki/perempuan
2.   menentukan jumlah rombongan tiap angkatan
3.   menentukan kritteria penyebaran siswa
di kelas
4.   membuata daftar nama siswa di kelas
BK dan Kesiswaan
Juli 2016
BOS
-
4
Mengisi buku induk siswa dan buku klaper agar semua siswa tercantum pada buku induk
Telah masuknya siswa kedalam buku induk
1. memberi nomer induk pada setiap siswa
2. memasukan data-data siswa kedalam buku induk atau buku klaper
3. memasukan setiap nilai raport siswa kedalam buku induk
Petugas buku induk
Setiap saat
BOS
-
5
Mencatat mutasi siwa agar dapat diketahui keluar masuknya siswa
Tertibnya buku mutasi siswa baik siswa yang masuk maupun yang keluar
1. mencatat jumlah siswa yang ada pada buku mutasi
2. menambah jumlah siswa jika ada mutasi masuk
3. mmengurangi jumlah siswa jika ada siswa yang keluar
TU
Waktu ada mutasi/ setiap bulan
BOS
-
6
Memantapkan wawasan wiyata mandala agar warga Madrasah fungsi Madrasah sebagai pusat pendidikan
Seluruh warga mengerti bahwa seluruh warga sebagi pusat pendidikan bukan untuk kegiatan yang lain
1.   melalui MOS diberikan wawasan wiyata mandala
2.   melalui upacara bendera
Kepala Madrasah
MOS-Upacara
BOS
-
7
Mengembangkan UKS agar warga Madrasah selalu dalam keadaan sehat
Berfungsinya UKS untuk melayani siswa tau warga Madrasah
1. menyediakan tempat untuk menampung
2. siswa yang sakit
3. menyediakan obat-obatan ringan
4. mencatat semua kejadian yang berhubungan dengan kesehatan siswa
Pembina OSIS
Setiap hari

Untuk sementara UKS masih digabung dengan PMR
8
Mengelola OSIS agar siswa berlatih berorganisasi diMadrasah
Terbentuknya penguruus OSIS diMadrasah
1.              memilih calon pengurus OSIS
2.            menetapkkan dengan SK kepengurusan OSIS untuk periode 1 tahun
3.             mengadakan pembinaan untuk pengurus OSIS
Pembina OSIS

BOS
-
9
Mengelola daftar hadir siswa agar tertib dan disiplin hadir diMadrasah
Siswa hadir diMadrasah tepat waktu
1. menyiapkan blanko daftar hadir siswa
2. mengisi daftar hadir siswa setiap hari
3. membuat rekap siswa yang absent
Wakasek
Setiap hari
BOS
-
10
Merencanakan upacara bendera diMadrasah
Terselenggaranya upacara setiap hari senin dan hari-hari besar nasional
1. menyiapkan kelengkapan alat upacara
2. melatih petugas upacara secara bergiliran tiap-tiap kelas
3. menyiapkan jadwal upacara beserta petugas dan pembina
4. melaksanakan upacara rutin maupun upacara nasional sesuai jadwal
Pembina OSIS
Hari senin & hari besar Nasional
BOS
-
11
Membentuk koprasi siswa agar siswa berlatih berkoprasi diMadrasah
Berdirinya koperasi siswa diMadrasah
1.    menyiapkan tempat untuk koperasi Madrasah
2.    memilih pengurus koperasi dari siswa
3.    membina pengurus koperasi
Pembina OSIS
-
BOS
Belum tersedianya modal usaha
12
Mengembangkan kreatifitas agar siswa berkembang sesuai dengan minat dan bakat
Telah berjalannya 4 macam kegiatan ekstrakulikuler
1. Madrasah menyediakan kegiatan eskul yang sesuai dengan minat siswa
2. membuat presensi dan mendata siswa untuk setiap kegiatan
3. melaksanakan kegiatan sesuai dengan pilihan siswa
Kesiswaan
Juli 2016
BOS
Rincian biaya ada pada RAPB kesiswaan


 E. STRATEGI PELAKSANAAN
Sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi program pembinaan kesiswaan tersebut diatas, maka strategi yang digunakan meliputi pelatihan (terintegrasi dan distrik), loka karya, kunjungan Madrasah (school visit), dan perlombaan/pertandingan (bersifat kompetisi). Penggunaan jenis strategi untuk program tertentu : dan atau beberapa strategi  dikombinnasikan dalam dalam pelaksanaan satu atau beberapa program, yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pelaksanaan.
Disamping itu, dasar pertimbangan penggunaan suatu strategi mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
  1. Kelusan materi dan sarana program sarjana;
  2. Waktu dan tempat penyelenggaraan;
  3. Tenaga pelaksanaan, dan
  4. Dana yang tersedia.
Strategi pelatihan terintegrasi berbasis kompetesi digunakan dalam program pembinaaan kesiswaan yang melibatkan sarana guru atau tenaga pendidikan,dan pelaksanaan pelatihan itu merupakan bagian dari program pelatihan lainnya (program Induk) yang serumpun. Dalam hal ini, baik biaya, tenaga pelatihan, maupun bahan atau materi pelatihan program pembinaan kesisw aan merupakan bagian dari program induk.
Strategi pelatihan (districk training) merupakan bentuk pengembangan kapasitas aparat pendidikan tingkat profinsi,kabupaten-kota, dan atau Madrasah yangdiselanggarakan ditingkat profinsi tgentang program pembinaan kesiswaan tertentu atau program yang serumpun. Tentu saja,biaya, tenaga pelatihan, dan bahan atau materi pelatihan berasal berasal dari pusat,sedangkan tempat/lokasi pelatiahan dikoordinasikan dengan pihak provinsi.
Strategi lokakarya (workshop) digunakan dalam rangka menghasilkan sesuatu, baik berupa rumusan acuan, rencana kegiatan,pengembangan tekhnik satu instrument, maupun kesamaan persepsi,wawasan, dan komitmen untuk kepentingan pelaksanaan program yang terlingkup dalam bidang pembinaan kesiswaan. Lokakarya dapat diselenggarakan  secara nasional atau ditingkat pusat;dan dapat pula dibagi menjadi bebrapa region penyelenggaraan.
Kunjungan Madrasah    (school visit) merupakan strategi yang digunakan dalam bentuk kegiatan pemantauan (Monitoring), penilain (evaluasi), pengamatan (observasi),studi kasus, dan atau konsultasi klinis-pengembangan, baik tentangg persiapan, pelaksanaan, maupun hasil suatu program pembinaan kesiswaan. Strategi kunjungan Madrasah dilaksanakan terutama untuk mempersempit kesenjangan antara kebijakan yang dihasilkan ditingkat pusat dengan elaksanaan suatu program  pembinaan kesiswaan ditingkat Madrasah sasaran.
Perlombaan merupkan strategi pelaksanaan program pembinaan kesiswaan yang bersiffat kompetitif, melibatkan siswa atau Madrasah peserta secara langsung dalam suatu event atau kegiatan, baik yang bersifat internasional maupun nasional. Strategi perlombaan dapat  dilaksanakan sebagai kegiatan tunggal (bukan kegiatan yang dilksanakn secara bertahap dari tingkat bawah); dapat pula (lazimnya) dilakukan secara bertahap dari tingkat Madrasah, kecamatan, Kabupaten/kota, provinsi, Hingga tingkat nasional ataupun internasional.



















BAB III
RENCANA ANGGARAN KEGIATAN KESISWAAN
MASA BHAKTI 2016 / 2017




No
Jenis kegiatan
Biaya

1.       
Penerimaan Siswa Baru
7.000.000

2.       
Masa Orientasi Siswa
700.000

3.       
Pengelolaan Majalah Dinding
500.000

4.       
Kegiatan di luar Madrasah ( Olimpiade, olah raga, kesenian)
3.000.000

5.       
Kegiatan rutin OSIS
2.000.000

6.       
Kegiatan rutin Pramuka
1.000.000

7.       
Pengadaan alat – alat penunjang kegiatan siswa :



Bendera Pramuka
100.000

Bendera OSIS
100.000

10
Pengadaan obat – obat ringan untuk 1 tahun :
4.000.000


Jumlah
18.400.000












BAB IV
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
Semua kegiatan  dilaksanakan,baik langsung oleh Madrasah maupun  oleh siswa yang berkaitan dengan pengembangan keperibaian selalu terencana dengan baik dan matang,dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan agenda Madrasah dan selalu dipantau oleh kepala Madrasah melalui wakasek kesiswaan.
Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya keperibadaian siswa yang menuju kearah positif.
  1. SARAN-SARAN
Sebaiknya apapun kegiatan itu terencana dan terlaksana, maka penulisan laporan pertanggung jawaban harus dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi dan bahan rekomendasi untuk kegiatan-kegiatan berikutnya. Harapan utamanya adalah kegiatan yang sudah terlaksana akan menjadi cermin atau gambaran,sehingga kegiatan berikutnya akan terlaksana dengan sukses.

Lampiran








SUSUNAN PENGURUS KESISWAAN
MTS. ASY-SYAFI’IYAH KARANGASEM
MASA BHAKTI 2016 / 2017
Penanggung Jawab                               : Kepala Madrasah MTs. Asy-Syafi’iyah
Waka Kesiswaan                                 : M. Jazri S.Pd.I
Pembina Pramuka                                : Kasmuri S.Pd
    Roibah S.Pd
Pembina UKS                                      : Lutfiah S.Ag
Pembina Keagamaan                           : Ibnu Amrin S.Pd.I
Pembina Olah Raga                             : Suhadi S.Pd
Pembina Kesenian                               : Drs. Munawar
Pembina Klub Bidang Study                : Guru Bidang study













 

 

PROGRAM KESISWAAN

MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem

I. Masa Orientasi Siswa (MOS)

- Pengenalan terhadap siswa baru tentang sistem belajar, peraturan dan lingkungan MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem
- Awal tahun Ajaran Baru
 - Jam 07.00 – 13.00 WIB
- Penanggung. Jawab: Pembina OSIS

II. Keagamaan

Tadarus Al-Qur’an

Menanamkan secara dini kepada Siswa pengamalan ayat Alqur’an sebelum memulai pelajaran.
Setiap Hari Efektif

Ibadah

Sholat Dhuha

Menanamkan kepada siswa kegemaran menjalankan ibadah sunnah
dan sholat Dhuha Jam : (
10.00-10.45) WIB

Sholat Dzuhur Berjama’ah
Menanamkan sikap disiplin, dan tertib beribadah kepada setiap siswa sejak dini
Dzuhur ( 12.
00-12.15)
P
enanggung .Jawab : Guru Imam Laki-laki

Sholat Jum’at

Sholat Jum’at (12.00-13.00)

Peringatan Hari Besar Islam

Pesantren Ramadhan
waktu :  mengikuti jadwal penanggalan bulan ramadhan
Tujuan: Pendalaman ajaran agama Islam Kepada setiap Siswa secara Intensif

Penanggung jawab : Pembina OSIS

Idhul Qurban 1429 H

waktu  : Hari raya idul adha
Tujuan :Menumbuhkan sikap rela berkurban
Penanggung jawab : Pembina OSIS

Tahun Baru Hijriah 1430 H ( Pekan / Gebyar Muharram )
Waktu : mengikuti penanggalan 1 Muharram
Tujuan :Menanamkan rasa bangga terhadap Agama Islam melalui lomba yang bersifat keislaman

Penanggung jawab :Pembina OSIS

Maulid nabi Muhammad SAW
Waktu : Bulan Maulud
Tujuan : Menumbuhkan sikap cinta terhadap Nabi Muhammad dan Ajarannya (Ceramah agama)
Penanggung jawab : Pembina OSIS

III. Kedisiplinan

Penerapan Buku Pelanggaran Siswa

Menanamkan sikap disiplin terhadap peraturan yang berlaku kepada setiap siswa Setiap hari Efektif
Penganggung jawab : Guru Piket dan Wali Kelas

Upacara Bendera

Menumbuhkan sikap cinta tanah air kepada setiap siswa
Hari Senin pekan Pertama setiap bulan
Penganggung jawab :Pembina OSIS

Upacara Hari Besar Nasional

waktu : Tgl 17 Agustus
Penganggung jawab : Pembina OSIS

Razia Kelas

(Inspeksi Mendadak)
Dilakukan dengan koordinasi Kepala Madrasah dan Guru

IV. Bina Kemandirian


Study Tour

Menerapkan / Mengaplikasikan ilmu yang di dapat di kelas dengan fenomena yang terjadi di alam.
Waktu : Akhir Tahun pelajaran
Tempat : Konfirmasi
Penganggung jawab : Koordinasi OSIS dan Madrasah

Rihlah Ilmiah Cikal Harapan ( RICH )

Menumbuhkan sikap kemandirian siswa kelas VII dengan pelatihan OUTBOUND dan diskusi di alam terbuka
Tempat :Konfirmasi
Penganggung jawab : Pembina OSIS

Konsolidasi Kelas IX

Syukuran dan silaturrahmi setelah ujian Nasional
Waktu : Menyesuaikan
Tempat : Konfirmasi
Penganggung jawab :Pembina OSIS

V. Ekstra Kurrikuler

Kegiatan yang menyalurkan bakat dan kreativitas siswa di bidang sosial, Kesenian, Organisasi dan Keilmuan
1.  Pramuka
    - Pelaksanaan           : Setiap Hari Jum'at Pukul 14.00 s/d seleai
    - Penanggung jawab  : Pembina Pramuka
.
2.  Olah raga dan Seni
    - Karate
    - Volly Ball
    - Tenis Meja
    - Foot Ball
    - Seni Baca Al Quran
   Penanggung Jawab : Pembina

3. Intra Kurrikuler

Kegiatan penunjang bakat dan kemampuan siswa yang dikelola dan diselenggarakan oleh pihak Madrasah dibawah koordinasi OSIS
Disesuaikan dengan jadwal latihan masing-masing unit ( masih dalam perencanaan )

VI. Organisasi Kesiswaan


a.    Konsolidasi OSIS

      Pemantauan terhadap sistem dan cara kerja pengurus OSIS
      Berkala, minggu pertama setiap awal bulan

b.    Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

        Memperkenalkan kepada siswa tentang sistem, bentuk dan struktur kerja organisasi Kesiswaan

c.    Pemilihan Ketua OSIS

        Regenerasi dan kepengurusan OSIS



d.   DIKLAT OSIS

     Pendidikan dan latihan Keorganisasian terhadap pengurus OSIS terpilih
    Tempat : konfirmasi
    Penganggung jawab : Wakasek Kesiswaan

VII. Class Meeting

         -  Tujuan : Penyaluran bakat dan kemampuan siswa di bidang Olah Raga dan seni
         -  Waktu : Setelah Evaluasi Hasil Belajar Semester Ga
sal
         -  Penganggung jawab : Pembina OSIS

VIII. Pagelaran Akhir Tahun

Tujuan : Refleksi dari rasa Syukur setelah menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar oleh segenap guru dan siswa selama satu tahun

Tempat : MTs. Asy-Syafi’iyah Karangasem

Penganggung jawab :Pembina OSIS




















NO
JENIS KEGIATAN
Semester Gasal
Semester Genap
Ket
Juli
Agus
Sept
Okt
Nop
Des
Jan
Peb
Mrt
Apr
Mei
Juni

1
Kegiatan
Siswa Baru
1.1 Peneriamaan Siswa Baru
x












1.2 Masa Orientasi Siswa (MOS) siswa baru

x











2.
Kegiatan Siswa
Harian
1.1 Tadarus Al-Qur’an setiap Pagi
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.2. Istighosah Sebelum KBM
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.3 Sholat Dhuha
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.4 Sholat Dhuhur berjama’ah
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

3.
Kegiatan siswa
Mingguan
1.1 Upacara Bendera
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.2 Pembinaan Wali Kelas
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.3 Infaq
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.4 sholat Jum’at
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.5 Extra Pramuka
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.6 Ekstra Drumband
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.7 Ekstra Pencak Silat
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

4.
Kegiatan Siswa
Bulanan
1.1 lomba Antar kelas
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.2 Class Meetting
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

1.3 Baksos / Bersih2
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

5.
Kegiatan Siswa
Tahunan
1.1 Istighosah bersama













1.2 Tour Religi













1.3 Perpisahan kelas IX













6.
PHBN
2.1 Peringantan HUT Kemerdekaan RI

x











2.2 Peringantan Hari Kartini









x



2.3 Peringatan Sumpah pemuda













2.4 Peringatan Hari Pahlawan













7.


PHBI


3.1 Peringatan Tahun Baru Islam



 x









3.2 Peringatan Isra' Mi'raj







 x





3.3 Peringatan Maulidun Nabi





 x







3.4 Peringatan Nuzulul Qur'an









 x




8.


Kesiswaan

4.1 Reformasi Pengurus OSIS







x





4.2 Pembuatan KTA siswa kelas VII

x











4.3 Monitoring Kegiatan EXTRA Kurikuler

x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

4.4 Perpisahan siswa kelas 9










x


4.5 Pengadaan Atribut Madrasah

x











4.6. Pengadaan buku kenangan










x


4.7. Pengadaan pesantern kilat








x




4.8. Pengadaan almamater pengurus OSIS







x





4.9. Razia HP, Sabuk, Aksesoris
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Ke Nu an Kelas 8

RPP ke Nu an kelas VII

UNBK